PERTANYAAN :
▷▷ Ab Wahib > CAFFEBY KISWAH
Apa Hukum khitan bagi selain pria mbah?
JAWAB :
▷▷ Cak Nafiel Ae
وانْتِفْ لإِبْطٍ ويُقَصُّ الشَّارِبُ *** والعَانَةَ احلِقْ والخِتَانُ وَاجِب
لبَالِغٍ ساتِرَ كَمْرَةٍ قَطَعْ *** والاِسْمَ مِن أُنثَى ويُكْرَهُ القَزَع.
―
قال الغزالى ويستحب نتف الإبط في كل أربعين يوما مرة
قال وذلك سهل على من تعود في الابتداء نتفه فأما من تعود الحلق فيكفيه,
إذ في النتف تعذيب وإيلام والمقصود النظافة وهى تحصيل بالحلق .
واختص النتف بالإبط والحلق بالعانة لأن الإبط محل الرائحة الكريهة والنتف يضعف الشعر فتخف الرائحة الكريهة والحلق يكثر الشعر فتكثر فيه الرائحة
.
قال الجيلى وشعر العانة إذا طال يعشش فيه الشيطان ويذهب قوة الجماع
untuk jawaban pertanyaan hukum khitan bagi pria dan wanita yg sudah baligh adalah wajib:
والختان واجب على الذكر والأنثى لبالغ عاقل محتمل له ساتر بالنصب كمرة قطع وهى الغلفة من الذكر والاسم بنصبه أيضا من أنثى.
.
وأما خبر أحمد والبيهقى أنه صلى الله عليه
وسلم قال )الختان سنة في الرجال مكرمة في النساء( فأجيب عنه بأن المراد منه أنه سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم لأنه فعله وأمر به فيكون واجبا
.
وأما ختان الصبى والمجنون ومن لا يحتمله فليس بواجب لأن الأولين ليسا من أهل الوجوب والثالث يتضرر به.
المرجع: غاية البيان شرح زبد ابن رسلان
للامام الرملي.
―
adapun untuk banci/khuntsa musykil
hukumnya jika dua kelamin ini asli keduanya berfungsi, maka wajib keduanya dikhitan, jika satu saja yg berfungsi, maka yg berfungsi di khitan, jika tidak ada kepastian berfungsi maka tidak wajib dikhitan karena tidak boleh melukai dg dasar ketidakpastian.
ولو كان له قبلان ختنا إن كانا أصليين ، وإلا فالأصلي ،
فإن شك فالقياس أنه كالخنثى ، وحكمه ما ذكره بقوله : ( قلت ) ختان ( الخنثى فيه خلاف ) صحح النووي منه حرمته ؛ لأن الجرح لا يجوز بالشك ،
وقال ابن الرفعة المشهور وجوبه في فرجيه جميعا ليتوصل إلى المستحق ، وعليه قال النووي إن أحسن الختن ختن نفسه ، وإلا ابتاع أمةتختنه ، فإن عجز عنها تولاه الرجال ، والنساء للضرورة كالتطبيب.
المرجع: تحفة المحتاج شرح المنهاج
للإمام ابن حجر الهيتمي.
▷▷Jack Shona Al Chilmi
wonten doc bolo sebelah ada qoul rojih yang menghukumi sunah sunat / khitan bagi wanita :
ﻓﻘﺪ ﺳﺒﻖ ﺃﻥ ﺫﻛﺮﻧﺎ ﺃﻥ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﺨﺘﺎﻥ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻭﺍﺟﺐ ﻓﻲ ﺣﻖ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﻭﺍﻟﻨﺴﺎﺀ، ﻓﻴﻤﻜﻨﻚ ﺃﻥ ﺗﺮﺍﺟﻊ ﺍﻟﻔﺘﻮﻯ ﺭﻗﻢ: 4487.
ﻭﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﺗﺨﺘﻦ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻓﻲ ﺻﻐﺮﻫﺎ ﻭﺟﺐ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻋﻨﺪﻫﻢ ﺍﻻﺧﺘﺘﺎﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﻜﺒﺮ، ﻓﻔﻲ ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﺤﺒﻴﺐ -ﻭﻫﻮ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﻘﻪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ:- ﻗﺎﻝ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ: ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳﺠﺐ ﺍﻟﺨﺘﺎﻥ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺒﻠﻮﻍ، ﻭﻳﺴﺘﺤﺐ ﺃﻥ ﻳﺨﺘﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﺒﻊ ﻣﻦ ﻭﻻﺩﺗﻪ ﺇﻻ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺿﻌﻴﻔﺎً ﻻ ﻳﺤﺘﻤﻠﻪ ﻓﻴﺆﺧﺮ ﺣﺘﻰ ﻳﺤﺘﻤﻠﻪ. ﺍﻧﺘﻬﻰ. ﻭﺍﻟﺮﺍﺟﺢ ﺃﻥ ﺍﻟﺨﺘﺎﻥ ﺳﻨﺔ ﻓﻲ ﺣﻖ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻭﻟﻴﺲ ﺑﻮﺍﺟﺐ، ﻛﻤﺎ ﺑﻴﻨﺎ ﺍﻟﻔﺘﻮﻯ ﺭﻗﻢ: 68002
Menurut ulama safi'iyah Khitan itu hukumnya wajib bagi laki2 dan perempuan, dan ketika perempuan yang belum di khitan pada masa kecilnya maka wajib pula ktika dewasa dikhitan.
Dlm Kitab Tuhfatul Habib fikih syafi'i, QOLA ASHAB: wajib khitan setelah balig, dan disunahkan khitan ketika berumur 7 hari dari kelahiran kalo itu tidak membahayakan kalo tidak memungkinkan maka bisa diakhirkan. MENURUT QOUL ROJIH/BISA Di buat pegangan: "KHITAN ITU SUNAH BAGI WANITA DAN TIDAK WAJIB"
ووجب ختان للمرأة والرجل حيث لم يولدا مختونين
dan wajib berkhitan bagi perempuan dan laki2 jk waktu dilahirkan blm keadaan terkhitan. (Ianatut tholibin juz 4 hal 173)
وفي الأنثى بقطع جزء يطلق عليه اسم الختان من اللحمة الموجودة بأعلى الفرج فوق ثقبة البول تشبه عرف الديك وتسمى البظر
Dan khitan bagi wanita yaitu memotong sebagian dari daging yang berada paling atas farji,tepatnya diatas lobang keluarnya air kencing yang mana daging tadi mirip cengger ayam, dan daging tersebut dinamakan bidzir. (Nihayatuzzain hal 358)
========
Diantara tujuannya adalah tambah kelezatan ketika menjimak
حاشية إعانة الطالبين - (ج 4 / ص 198)
قوله: والمرأة الخ) أي والواجب في ختان المرأة قطع جزء يقع عليه اسم الختان وتقليله أفضل لخبر أبي داود وغيره أنه (ص) قال للخاتنة: أشمي ولا تنهكي فإنه أحظى للمرأة وأحب للبعل أي لزيادته في لذة الجماع، وفي رواية: أسرى للوجه أي أكثر لمائه ودمه
Diantara salah satunya hikmah khitan bagi perempuan ialah: menambah kecantikan pada wajahnya, akan memperbaiki budi pekertinya perempuan, menstabilkan syahwat, memberikan rasa ladid pada suami ketika bersenggema, dan masih banyak lagi.
Makanya wanita2 kafiroh mereka kebanyakan tidak bisa menahan syahwatnya hal itu di sebabkan tempat khitannya tidak di potong.
http://www.piss-ktb.com/2012/11/2040-hukum-dan-hikmah-wanita-dikhitan.html?m=0
▷▷ Sak Qolo Munyeng
saya coba luruskan ibarot yg diterahkan dari tetangga sebelah:
ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﺤﺒﻴﺐ -ﻭﻫﻮ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﻘﻪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ:-ﻗﺎﻝ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ: ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳﺠﺐ ﺍﻟﺨﺘﺎﻥ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺒﻠﻮﻍ، ﻭﻳﺴﺘﺤﺐ ﺃﻥ ﻳﺨﺘﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﺒﻊ ﻣﻦ ﻭﻻﺩﺗﻪ ﺇﻻ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺿﻌﻴﻔﺎً ﻻ ﻳﺤﺘﻤﻠﻪ ﻓﻴﺆﺧﺮ ﺣﺘﻰ ﻳﺤﺘﻤﻠﻪ. ﺍﻧﺘﻬﻰ.
ﻭﺍﻟﺮﺍﺟﺢ ﺃﻥ ﺍﻟﺨﺘﺎﻥ ﺳﻨﺔ ﻓﻲ ﺣﻖ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀﻭﻟﻴﺲ ﺑﻮﺍﺟﺐ، ﻛﻤﺎ ﺑﻴﻨﺎ ﺍﻟﻔﺘﻮﻯ
_
bahwa qoul rojih disini tidak ikut pada ta'bir tuhfatul habib, perhatikan pd lafadz :
انتهى
yg mentarjih itu admin dari islamweb yg memang bermadzhab hanabilah, karena dlm madzhab mereka arrojih adalah sunnah khitan bg wanita,
adapun madzhab syafi'i yg rojih wajib khitan bg wanita baligh aqil tidak membahayakan.
_
niki ta'bir sangkeng risalah dari faqih syafi'i bahwa qoul yg mu'tamad khitan wajib bagi wanita dlm syafiiyah
القول المحمود في احكام المولود
على مذهب الامام الشافعي ص٤٧ ط:دار العلم والدعوة
للدكتور امجد الرشيد المقديسي
"اما الختان الانثى فقد اختلفوا فيه على القولين:
فأوجبه أئمتنا الشافعية كالذكور كما في المجموع، والذي عليه جمهور العلماء من الحنفية والمالكية والحنابلة أن ختان الانثى سنة وليس بواجب، فلو ترك ختان الانثى فلا اثم عليه على هذا القول.
_
فرع: الختان واجب على الرجال والنساء عندنا وبه قال كثيرون من السلف ،
كذا حكاه الخطابي، وممن أوجبه أحمد وقال مالك وأبو حنيفة: سنة في حق الجميع وحكاه الرافعي وجها لنا ،
وحكى وجها ثالثا أنه يجب على الرجل وسنة في المرأة ، وهذان الوجهان شاذان ،
✔والمذهب الصحيح المشهور الذي نص عليه الشافعي رحمه الله وقطع به الجمهور أنه واجب على الرجال والنساء ، ودليلنا ما سبق .
المرجع: المجموع شرح المهذب
___________
MASALAH TAQLID ( BERPINDAH MADZHAB )
Jack Shona Al Chilmi > CAFFEBY KISWAH
DI COMEN TAK ADA RESPON NAIKKAN SINI SAJA :
yg selalu jadi pertanyaan saya bagaimana cara kita mengikuti qoul rojeh dari hanabillah karena umum di indo ini wanita banyak yang tidak di khitan... syarat apa yg harus dilakukan? olong niki dijawab.... karena setiap saya tanya ini selalu mauquf dan tak ada kelanjutan.
JAWAB :
▷▷ Cak Nafiel Ae
menawi enten salah mohon kulo dibenarkan,
khitan untuk wanita ini masuk dlm satu qodiyah yg tidak murtabid li ukhro (tidak terikat dg masalah lain), dpt bisa ikuti madzhab lain sekalipun qodru tasyahi, bukankah tanaqqul madzhab diizinkan.
yg mungkin perlu diperhatikan pd masalah ijtihadil aimmah dlm memahami madlul nash,
semestinya kita yg ami dlm mengikuti dan memilih ijtihad mereka, tidak mengambil perkara yg membuat kita mengelak dari yg lebih bermanfaat,
tidak meruntuhkan tujuan mulia syariat islam untuk manusia,
tidak bermalasan dlm perintah dan terhanyut dlm kemungkaran.
masalah tanaqqul madzab, kita bisa memilih kata hati yg jernih,
pun sama dlm masalah talfiq bagi saya pribadi sama hal masalah dg tanaqqul
▷▷ misalipun: masalah wudhu' ada terkait dg pelaksanaan masalah sholat, maka rukun batal syarat perlu adanya satu paket mengikuti madzhab satu saja.
▷▷ wudhu' + sholat niku satu paket .... karena klu kita mau sholat harus punya wudhu' ... maka rukun syarat batal kedua ibadah ini harus ikut satu madzhab
فصل في حكم التقليد وشروطه هو العمل بقول المجتهد من غير معرفة دليله ومتى نواه بقلبه كفى وإن لم ينطق به وهو واجب على غير المجتهد وحرام على المجتهد فيما يقع له من الحوادث وبتخير الشخص ابتداء في تقليد أي مذهب من المذاهب الأربعة ثم بعد تقليده لأي مذهب يجوز له الأنتقال منه الى مذهب آخر سواء انتقل دواما أو في بعض الأحكام ولو لغير حاجة على المعتمد. وللتقليد شروط ستة :
الأول معرفة المقلد ما اعتبره مقلده في المسألة التي يريد التقليد فيها من شروط وواجبات...
الثاني أن لا يكون التقليد بعد الوقوع .......
الثالث أن لا يتبع الرخص بحيث يخرجه عن عقدة التكليف .....
الرابع ان يكون مقلده مجتهدا ولو في الفتوى كالرافعي و النووي والرملي وابن حجر مالم يصرح العلماء بأن قوله في هذاالمسألة ضعيف جدا والا لم يصح تقليده في هذاالقول...
الخامس عدم التلفيق بأن لايلفق في قضية واحدة ابتداء ولا دواما بين قولين يتولد منهما حقيقة لايقول بها صاحبهماواشتراط عدم التلفيق هو المعتمد عندنا وعند الحنفية و الحنابلة.
السادس أن لا يكون الحكم المقلد فيه مما ينقض فيه قضاء القاضي لو حكم به لمخالفة نصا أو أجماعا او نحوهما فأن كان مما ينقض فيه قضاء القاضي لم يصح التقليد فيه مع الحرمة
ringkasnya menurut pernyataan
الشيخ يوسف الأردبيلي
diatas:
1.mengetahui syarat rukun batal madzhab yg hendak ditaqlidi.
2. berniat sebelum melaksanakan taqlid.
3. tidak mencari yg ringan ringan semata.
4. taqlid pd qoul mujtahid sekalipun mujtahid kelas fatwa.
5. tidak talfiq ( mencampur aduk dg qoul madzhab yg selain dipilihnya dlm taqlid )
6. tidak taqlid pd madzhab yg bersebrangan pd satu masalah yg sudah ditetapkan hakim
misal hakim putuskan hukum A, kemudian orang bertaqlid madzhab lain yg berpendapat B
⇩⇩⇩⇩⇩⇩⇩
▷▷ Link KHITAN
https://m.facebook.com/groups/1405327093088663?view=permalink&id=1815264698761565&_rdr#1817217728566262
▷▷ Link TAQLID
https://mobile.facebook.com/groups/1405327093088663?view=permalink&id=1818088371812531&p=1&av=100008872666570&refid=18
Home » FIQIH UMUM »
FIQIH WANITA »
TANYA JAWAB CAFFEBY KISWAH-CKW
» 217. HUKUM KHITAN BAGI WANITA / KHUNTSA & SYARAT TAQLID
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "217. HUKUM KHITAN BAGI WANITA / KHUNTSA & SYARAT TAQLID"
Post a Comment
Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang
⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧
⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩