191. MENDAHULUKAN QURBAN ATAU AQIQOH


PERTANYAAN :

البيهقي > ‎CAFFEBI DALWA

Assalamualaikum
(titipan)
1. Mana yg lbh di dahulukan, aqiqah / qurban?
2. Benarkah jika org blm melaksanakan aqiqah doanya tidak bisa sampai pd orang tuanya? Kyai di daerah sy sll ceramah bilang gt saat ada acara aqiqah.

JAWAB :

Nafiel Muhammad

jika diberi pilihan: maka yg didahulukan adalah ibadah qurban.
dlm ibadah qurban terdapat khilaf antara sunnah dan wajib.
dlm aqiqah terdapat khilaf antara sunnah dan mubah.

dlm aqiqoh terdapat khilaf, imam syafii memberi hukum sunnah dan imam abu hanifah menghukumi mubah bukan sunnah.
☞ maka kita pilih dari segi afdholnya yaitu hukum aqiqoh sunnah.

adapun qurban terdapat khilaf: imam syafii nenghukumi sunnah dan imam abu hanifah menghukumi wajib bg yg mampu.
☞ maka kita pilih dari segi afdholnya hukum qurban wajib.

jika kita dihadapkan dua pilihan antara qurban dan aqiqoh: kita lihat dari segi bobotnya hukum khilaf keduanya agar mendapat afdholiyah tsawabnya.
dan natijahnya qurban termasuk ibadah yg wajib yg tentu pahalanya lebih besar dari aqiqoh yg sunnah lebih sedikit dari pahala wajib.

Ibnu Mathori

Ikut nimbrong lur....

Manakah yang lebih didahulukan antara aqiqoh dan kurban?

Jawab : Aqiqoh dan Kurban dalam madzab syafi’iyyah adalah ibadah sendiri-sendiri (mustaqillah) yang tidak bisa dibanding-bandingkan satu dengan yang lain, sedangkan dalam pelaksanaanya terjadi perbedaan pendapat :
a. Menurut imam ibnu hajar satu kambing tidak boleh diniati aqiqah dan kurban
b. Menurut imam romli satu kambing boleh diniati aqiqah dan kurban.

ﺑﻐﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺮﺷﺪﻳﻦ - ‏ﺝ:١ ـ ﺹ ٥٤٨
ﻭﻟﻮ ﺫﺑﺢ ﺷﺎﺓ ﻭﻧﻮﻯ ﺑﻬﺎ ﺍﻷﺿﺤﻴﺔ ﻭﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﺃﺟﺰﺃﻩ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻗﺎﻟﻪ ‏( ﻡ ﺭ ‏) ﻭﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ : ﻻ ﺗﺪاﺧﻼﻥ .

ﺣﻮﺍﺷﻲ ﺍﻟﺸﺮﻭﺍﻧﻲ ﻭﺍﻟﻌﺒﺎﺩﻱ ـ ج:٩ ـ ص:٣٧٠
ﻭﻟﻮ ﻧﻮﻯ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﻭﺍﻻﺿﺤﻴﺔ ﺣﺼﻼ ﻋﻨﺪ ﻡ ﺭ ﻭﻟﻢ ﺗﺤﺼﻞ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻋﻨﺪ ﺣﺞ ﻗﺎﻝ ﻻﻥ ﻛﻼ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻣﻘﺼﻮﺩ ﻭﺍﻟﻘﺼﺪ ﺑﺎﻟﻀﺤﻴﺔ ﺍﻟﻀﻴﺎﻓﺔ ﺍﻟﻌﺎﻣﺔ ﻭﺑﺎﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﺍﻟﺨﺎﺻﺔ ﻭﻻﺧﺘﻼﻓﻬﻤﺎ ﻓﻰ ﺍﻣﻮﺭ ﻛﻤﺎﻳﺎﺗﻰ ﻭﺍﻧﻤﺎ ﺻﺢ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﺑﻨﻴﺔ ﺍﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﻭﺳﻦ ﻧﺤﻮ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻟﺒﻨﺎﺀ ﺍﻟﻄﻬﺎﺭﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﺪﺍﺧﻞ
ﺍﻟﻔﻮﺍﺋﺪ ﺍﻟﻤﺪﻧﻴﺔ
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻋﻤﺮ ﺍﻟﺒﺼﺮﻱ ﺇﻥ ﻣﺎ ﺍﺧﺘﻠﻒ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﻭﺍﻟﺮﻣﻠﻲ ﻓﻠﻴﻌﺘﻤﺪ ﺃﻳﻬﺎ ﺷﺎﺀ.

Sebenarnya dalam aqiqah dan qurban ada persamaan diantara kedua ibadah ini yakni sama-sama sunnah hukumnya menurut madzhab Syafi’i (selama tidak nadzar), serta adanaya aktifitas penyembelihan terhadap hewan yang telah memenuhi syarat untuk dipotong.

Sementara perbedaan yang ada diantara keduanya lebih pada waktu pelaksanaannya. Qurban hanya dapat dilakukan pada bulan DzulHijjah saja, sedangkan aqiqah dilaksanakan pada saat mengiringi kelahiran seorang bayi dan lebih dianjurkan lagi pada hari ketujuh dari kelahirannya.

Pada dasarnya aqiqah merupakan hak seorang anak atas orang tuanya, artinya anjuran untuk menyembelih hewan aqiqah sangat ditekankan kepada orang tua bayi yang diberi kelapangan rizki untuk sekedar berbagi dalam rangka menyongsong kelahiran anaknya.

Hal ini sesuai sabda Rasulullah saw: ﻣَﻊَ ﺍﻟﻐُﻼَﻡِ ﻋَﻘِﻴﻘَﺔٌ Artinya: aqiqah menyertai lahirnya seorang bayi (HR. Bukhari).

Para ulama memberi kelonggaran pelaksanaan aqiqah oleh orang tua hingga si bayi tumbuh sampai dengan baligh.
Setelah itu, anjuran aqiqah tidak lagi dibebankan kepada orang tua melainkan diserahkan kepada sang anak untuk melaksanakan sendiri atau meninggalkannya.
Dalam hal ini tentunya melaksanakan aqiqah sendiri lebih baik dari pada tidak melaksanakanya.

Terkait dg pertanyaan diatas, manakah yg didahulukan antara qurban dan aqiqah?

Menurut hemat kami jawabannya adalah tergantung momentum serta situasi dan kondisi.

Apabila mendekati hari raya Idul Adha seperti sekarang ini, maka mendahulukan qurban adalah lebih baik dari pada malaksanakan aqiqah.

Ada baiknya pula- apabila kita menginginkan kedua-keduanya (qurban & aqiqah)- kita mengikuti pendapat imam Ramli yang membolehkan dua niat dalam menyembelih seekor hewan, yakni niat qurban dan aqiqah sekaligus.

Selain ta'bir diatas,
Ada jg keterangan dlm kitab Tausyikh karya Syekh Nawawi al-Bantani:

ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﻟﻮ ﺃﺭﺍﺩ ﺑﺎﻟﺸﺎﺓ ﺍﻟﻮﺍﺣﺪﺓ ﺍﻷﺿﺤﻴﺔ ﻭﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﻟﻢ ﻳﻜﻒ ﺧﻼﻓﺎ ﻟﻠﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﺮﻣﻠﻰ ﺣﻴﺚ ﻗﺎﻝ ﻭﻟﻮ ﻧﻮﻯ ﺑﺎﻟﺸﺎﺓ ﺍﻟﻤﺬﺑﻮﺣﺔ ﺍﻷﺿﺤﻴﺔ ﻭﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﺣﺼﻼ

Artinya; Ibnu Hajar berkata: “Seandainya ada seseorang meginginkan dengan satu kambing untuk kurban dan aqiqah, maka hal ini tidak cukup”.
Berbeda dengan al-‘allamah Ar-Ramli yang mengatakan bahwa apabila seseorang berniat dengan satu kambing yang disembelih untuk kurban dan aqiqah, maka kedua-duanya dapat terealisasi.

Konsekuensi yang mungkin kotradiktif dari pendapat imam Romli ini adalah dalam pembagian dagingnya, mengingat daging qurban lebih afdhal dibagikan dalam kondisi belum dimasak (masih mentah), sementara aqiqah dibagikan dalam kondisi siap saji. Problem ini tentunya tidak perlu dipermasalahkan karena cara pembagian tersebut bukanlah termasuk hal yang subtantif. Kedua cara pembagian daging tersebut adalah demi meraih keutamaan, bukan menyangkut keabsahan ibadah.

Wallahu a’lam bisshawab.

Tambah ta'bir pendukung...

تحفة المحتاج ـ ج: ٩ ـ ص: ٣٦٩-٣٧٠
وَذَبْحُهَا أَفْضَلُ مِنْ التَّصَدُّقِ بِقِيمَتِهَا وَظَاهِرُ كَلَامِ الْمَتْنِ وَالْأَصْحَابِ أَنَّهُ لَوْ نَوَى بِشَاةٍ الْأُضْحِيَّةَ وَالْعَقِيقَةَ لَمْ تَحْصُلْ وَاحِدَةٌ مِنْهُمَا وَهُوَ ظَاهِرٌ؛ لِأَنَّ كُلًّا مِنْهُمَا سُنَّةٌ مَقْصُودَةٌ وَلِأَنَّ الْقَصْدَ بِالْأُضْحِيَّةِ الضِّيَافَةُ الْعَامَّةُ وَمِنْ الْعَقِيقَةِ الضِّيَافَةُ الْخَاصَّةُ وَلِأَنَّهُمَا يَخْتَلِفَانِ فِي مَسَائِلَ كَمَا يَأْتِي
وَبِهَذَا يَتَّضِحُ الرَّدُّ عَلَى مَنْ زَعَمَ حُصُولَهُمَا وَقَاسَهُ عَلَى غُسْلِ الْجُمُعَةِ وَالْجَنَابَةِ عَلَى أَنَّهُمْ صَرَّحُوا بِأَنَّ مَبْنَى الطَّهَارَاتِ عَلَى التَّدَاخُلِ فَلَا يُقَاسُ بِهَا غَيْرُهَا.

[حاشية الشرواني]
(قَوْلُهُ وَهُوَ ظَاهِرٌ) خِلَافًا لِلنِّهَايَةِ عِبَارَتُهُ وَلَوْ نَوَى بِالشَّاةِ الْمَذْبُوحَةِ الْأُضْحِيَّةَ وَالْعَقِيقَةَ حَصَلَا خِلَافًا لِمَنْ زَعَمَ اهـ.
(قَوْلُهُ لِأَنَّ كُلًّا مِنْهُمَا إلَخْ) قَدْ يُقَالُ وَأَيْضًا كُلٌّ مِنْهُمَا لَا يَحْصُلُ بِأَقَلَّ مِنْ شَاةٍ وَيَلْزَمُ مِنْ حُصُولِهِمَا بِوَاحِدَةٍ حُصُولُ كُلٍّ مِنْهُمَا بِدُونِهَا اهـ سم عِبَارَةُ الْبُجَيْرِمِيِّ عَنْ الْحَلَبِيِّ وَالشَّوْبَرِيِّ وَلَوْ نَوَى بِهَا الْعَقِيقَةَ وَالْأُضْحِيَّةَ حَصَلَا عِنْدَ شَيْخِنَا خِلَافًا لِابْنِ حَجّ حَيْثُ قَالَ لَا يَحْصُلَانِ لِأَنَّ كُلًّا إلَخْ وَهُوَ وَجِيهٌ اهـ.

[ حاشية قليوبي ] ـ ج: ٤ ـ ص: ٢٥٦

قَوْلُهُ: (بِشَاةٍ) فَلَوْ جَمَعَهَا مَعَ الْأُضْحِيَّةِ بِشَاةٍ كَفَى قَالَهُ شَيْخُنَا الرَّمْلِيُّ، وَهُوَ جَارٍ عَلَى مَا قَالَهُ مِنْ تَدَاخُلِ الْوَلَائِمِ كَمَا مَرَّ، وَفِي ابْنِ حَجَرٍ وَغَيْرِهِ خِلَافُهُ وَهُوَ الْوَجْهُ.
Disunting · Suka · 1 · Balas · Hapus · Laporkan · 12 September
Ibnu Mathori
2. Benarkah jika org blm melaksanakan aqiqah doanya tidak bisa sampai pd orang tuanya?

Jawab:
Cuma Nemu ta'bir niki kang....

حاشيتا قليوبي وعميرة ـ ج: ٤ ـ ص: ٢٥٧

وَحَدِيثُ سَمُرَةَ «الْغُلَامُ مُرْتَهِنٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ، وَيُحْلَقُ رَأْسَهُ وَيُسَمَّى»

قَوْلُهُ: (الْغُلَامُ مُرْتَهِنٌ) أَيْ لَا نُمُوَّ مِثْلُهُ أَوْ لَا يَشْفَعُ فِي وَالِدَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إذَا لَمْ يُعَقَّ عَنْهُ، وَتُقَاسُ الْغُلَامُ بِالْغُلَامِ فِي هَذَا وَغَيْرِهِ بِمَا ذُكِرَ.
____________________________________
Jadi untuk pertanyaan no:
2. Benarkah jika org blm melaksanakan aqiqah doanya tidak bisa sampai pd orang tuanya?

Jawab: Tidak benar.
Yg benar adalah dia tdk bs memberi syafaat pd ortunya di hari kiamat jk blm di aqiqohi...

Iki loh lur....
☞ 1. Kata imam nakhoi qurban bisa dilaksanakan sampai akhir bulan, tidak hanya hari tasyriq? 2. Benarkan pahala udhiyah bisa di serikatkan hanya pada org mati? Semisal an paijo, an mukidi. Dg syarat paijo dan mukidi sudah meninggal.

ابو الازكى

إذا اجتمعت الأضحية والعقيقة قدمت الأضحيةالسؤال : إذا اجتمعت الأضحية والعقيقة من يكون أولى في ذلك وهل يجوز الجمع بينهما، وكيف تكون النية ؟الإجابــة : الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد: فالأضحية والعقيقة سنتان، فإن عجز عن القيام بهما معاً لفقر ونحوه قدم الأضحية لضيق وقتها واتساع وقت العقيقة، ولا تجزئ ذبيحة واحدة عن الأضحية والعقيقة معاً، وانظر الفتوى رقم: 29953والفتوى رقم: 885 والله أعلم

اسنى المطالب
(‍ﻭ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺟ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺯ ‍ﺍ‍ﻝ‍‍ﺗ‍‍ﻀ‍‍ﺤ‍‍ﻴ‍‍ﺔ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻐ‍‍ﻴ‍‍ﺮ) ‍ﺑ‍‍ﻐ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ (‍ﻭ‍ﺟ‍‍ﻬ‍‍ﺎ‍ﻥ‍) : ‍ﺃ‍ﺻ‍‍ﺤ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻨ‍‍ﻊ‍ ‍ﻭ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ ‍ﺟ‍‍ﺰ‍ﻡ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﺎ‍ﺝ‍ ‍ﻛ‍‍ﺄ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻋ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺗ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﻀ‍‍ﺤ‍‍ﻴ‍‍ﺔ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻐ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺑ‍‍ﻐ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﻣ‍‍ﻴ‍‍ﺖ‍ ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻮ‍ﺹ‍ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺻ‍‍ﻞ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻌ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﺩ‍ﺍ‍ﺕ‍. ‍ﻭ‍ﺛ‍‍ﺎ‍ﻧ‍‍ﻴ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺯ ‍ﻟ‍‍ﺨ‍‍ﺒ‍‍ﺮ ‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻢ‍ «‍ﺃ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ - ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﺳ‍‍ﻠ‍‍ﻢ‍ - ‍ﺿ‍‍ﺤ‍‍ﻰ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺃ‍ﺯ‍ﻭ‍ﺍ‍ﺟ‍‍ﻪ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﻘ‍‍ﺮ» ‍ﻭ‍ﺧ‍‍ﺒ‍‍ﺮ ‍ﺃ‍ﺣ‍‍ﻤ‍‍ﺪ «‍ﺃ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ - ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﺳ‍‍ﻠ‍‍ﻢ‍ - ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺿ‍‍ﺤ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﺷ‍‍ﺘ‍‍ﺮ‍ﻯ ‍ﻛ‍‍ﺒ‍‍ﺸ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺳ‍‍ﻤ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺃ‍ﻗ‍‍ﺮ‍ﻧ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺃ‍ﻣ‍‍ﻠ‍‍ﺤ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﻓ‍‍ﺈ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﻭ‍ﺧ‍‍ﻄ‍‍ﺐ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﺎ‍ﺱ‍ ‍ﺃ‍ﺗ‍‍ﻰ ‍ﺑ‍‍ﺄ‍ﺣ‍‍ﺪ‍ﻫ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﻢ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﻣ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﻩ‍ ‍ﻓ‍‍ﺬ‍ﺑ‍‍ﺤ‍‍ﻪ‍ ‍ﺑ‍‍ﻨ‍‍ﻔ‍‍ﺴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺪ‍ﻳ‍‍ﺔ ‍ﺛ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻝ‍: ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺃ‍ﻣ‍‍ﺘ‍‍ﻲ‍ ‍ﺟ‍‍ﻤ‍‍ﻴ‍‍ﻌ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺷ‍‍ﻬ‍‍ﺪ ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﻮ‍ﺣ‍‍ﻴ‍‍ﺪ ‍ﻭ‍ﺷ‍‍ﻬ‍‍ﺪ ‍ﻟ‍‍ﻲ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﻍ‍ ‍ﺛ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺆ‍ﺗ‍‍ﻰ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺂ‍ﺧ‍‍ﺮ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﺬ‍ﺑ‍‍ﺤ‍‍ﻪ‍ ‍ﺑ‍‍ﻨ‍‍ﻔ‍‍ﺴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻝ‍: ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﻣ‍‍ﺤ‍‍ﻤ‍‍ﺪ ‍ﻭ‍ﺁ‍ﻝ‍ ‍ﻣ‍‍ﺤ‍‍ﻤ‍‍ﺪ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻄ‍‍ﻌ‍‍ﻤ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﺟ‍‍ﻤ‍‍ﻴ‍‍ﻌ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺴ‍‍ﺎ‍ﻛ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﻭ‍ﻳ‍‍ﺄ‍ﻛ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﻭ‍ﺃ‍ﻫ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ» , ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺄ‍ﻭ‍ﻝ‍ ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻌ‍‍ﻞ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﻣ‍‍ﺴ‍‍ﺘ‍‍ﺜ‍‍ﻨ‍‍ﻰ ‍ﺇ‍ﺫ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻋ‍‍ﻈ‍‍ﻢ‍ ‍ﺃ‍ﺣ‍‍ﻜ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﺗ‍‍ﺨ‍‍ﺼ‍‍ﻪ‍

Benar menurut imam ibrohim an nakho'i

فتاوي يسألونك
ﻭ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺤ‍‍ﺎ‍ﻓ‍‍ﻆ‍ ‍ﺍ‍ﺑ‍‍ﻦ‍ ‍ﻛ‍‍ﺜ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺗ‍‍ﻔ‍‍ﺴ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻩ‍: ‍ﻭ‍ﻗ‍‍ﻴ‍‍ﻞ‍ ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻭ‍ﻗ‍‍ﺖ‍ ‍ﺍ‍ﻝ‍‍ﺫ‍ﺑ‍‍ﺢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻤ‍‍ﺘ‍‍ﺪ ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﻰ ‍ﺁ‍ﺧ‍‍ﺮ ‍ﺫ‍ﻱ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺤ‍‍ﺠ‍‍ﺔ ‍ﻭ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﺇ‍ﺑ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﻫ‍‍ﻴ‍‍ﻢ‍‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﺨ‍‍ﻌ‍‍ﻲ‍ ‍ﻭ‍ﺃ‍ﺑ‍‍ﻮ ‍ﺳ‍‍ﻠ‍‍ﻤ‍‍ﺔ ‍ﺑ‍‍ﻦ‍ ‍ﻋ‍‍ﺒ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﺣ‍‍ﻤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﻗ‍‍ﻮ‍ﻝ‍ ‍ﻏ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺐ‍ ‍ﺍ‍ﻧ‍‍ﺘ‍‍ﻬ‍‍ﻰ.

البيهقي

Apakah sama kurban untuk orang lain dg memberikan pahala kurban pada orang lain? Semisal sy kurban kambing untuk diri sy, tp pahalanya sy loberkam untuk keluarga sy juga
_____

▷▷ Tdk sama.jk konsepnya sperti tu maka boleh

مغني المحتاج.
ﺗ‍‍ﻨ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍: ‍ﺍ‍ﺳ‍‍ﺘ‍‍ﺜ‍‍ﻨ‍‍ﻲ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺻ‍‍ﻮ‍ﺭ: ‍ﺇ‍ﺣ‍‍ﺪ‍ﺍ‍ﻫ‍‍ﺎ ‍ﺗ‍‍ﻀ‍‍ﺤ‍‍ﻴ‍‍ﺔ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﺣ‍‍ﺪ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺃ‍ﻫ‍‍ﻞ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﺖ‍ ‍ﺗ‍‍ﺤ‍‍ﺼ‍‍ﻞ‍ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﺳ‍‍ﻨ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻜ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﻳ‍‍ﺔ ‍ﻟ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻛ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﺮ ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺼ‍‍ﺪ‍ﺭ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺑ‍‍ﻘ‍‍ﻴ‍‍ﺘ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﻥ‍, ‍ﻭ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺯ‍ﻳ‍‍ﺎ‍ﺩ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﻭ‍ﺿ‍‍ﺔ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻌ‍‍ﺪ‍ﺓ: ‍ﻟ‍‍ﻮ ‍ﺃ‍ﺷ‍‍ﺮ‍ﻙ‍ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻩ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺛ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﺏ‍ ‍ﺃ‍ﺿ‍‍ﺤ‍‍ﻴ‍‍ﺘ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﺫ‍ﺑ‍‍ﺢ‍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﻧ‍‍ﻔ‍‍ﺴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺟ‍‍ﺎ‍ﺯ.

Loka Jaya

Di tambah pendukung plus solusine

Iki

ﺑﻐﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺮﺷﺪﻳﻦ - ‏ﺝ:١ ـ ﺹ ٥٤٨
ﻭﻟﻮ ﺫﺑﺢ ﺷﺎﺓ ﻭﻧﻮﻯ ﺑﻬﺎ ﺍﻷﺿﺤﻴﺔ ﻭﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﺃﺟﺰﺃﻩ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻗﺎﻟﻪ ‏( ﻡ ﺭ ‏) ﻭﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ : ﻻ ﺗﺘﺪﺍﺧﻼﻥ .

ﺣﻮﺍﺷﻲ ﺍﻟﺸﺮﻭﺍﻧﻲ ﻭﺍﻟﻌﺒﺎﺩﻱ ـ ج:٩ ـ ص:٣٧٠
ﻭﻟﻮ ﻧﻮﻯ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﻭﺍﻻﺿﺤﻴﺔ ﺣﺼﻼ ﻋﻨﺪ ﻡ ﺭ ﻭﻟﻢ ﺗﺤﺼﻞ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻋﻨﺪ ﺣﺞ ﻗﺎﻝ ﻻﻥ ﻛﻼ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻣﻘﺼﻮﺩ ﻭﺍﻟﻘﺼﺪ ﺑﺎﻟﻀﺤﻴﺔ ﺍﻟﻀﻴﺎﻓﺔ ﺍﻟﻌﺎﻣﺔ ﻭﺑﺎﻟﻌﻘﻴﻘﺔ ﺍﻟﺨﺎﺻﺔ ﻭﻻﺧﺘﻼﻓﻬﻤﺎ ﻓﻰ ﺍﻣﻮﺭ ﻛﻤﺎﻳﺎﺗﻰ ﻭﺍﻧﻤﺎ ﺻﺢ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﺑﻨﻴﺔ ﺍﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﻭﺳﻦ ﻧﺤﻮ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻟﺒﻨﺎﺀ ﺍﻟﻄﻬﺎﺭﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﺪﺍﺧﻞ
ﺍﻟﻔﻮﺍﺋﺪ ﺍﻟﻤﺪﻧﻴﺔ
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻋﻤﺮ ﺍﻟﺒﺼﺮﻱ ﺇﻥ ﻣﺎ ﺍﺧﺘﻠﻒ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﻭﺍﻟﺮﻣﻠﻲ ﻓﻠﻴﻌﺘﻤﺪ ﺃﻳﻬﺎ ﺷﺎﺀ.

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "191. MENDAHULUKAN QURBAN ATAU AQIQOH"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP