NHAJI POSO : MENCELA DUNIA




NGAJI POSO OLAH ROSO LAN JIWO
___________________________________

Kajian : 22 ( Duapuluh dua ) - 07 Juni 2018
Kitab   : Albayanil Mushthofa Fi Washiyatil Musthofa
Bab     : mencela dunia

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assalamu'alaikum mas jhooon .... kita lanjutkan saya nggih...

يا علي: إياك  وعلية الموت لا تذكرون  إلا دنياهم. قال علي: ومن هم يا نبي الله؟ قال: الأغنياء أصحاب الدنيا الذين هم يُقبلون على جمعها كإقبال الوالدة على ولدها, أولئك هم الخاسرون غدا

Nabi Muhammad Saw bersabda:

☆▷ WAHAI 'ALI
Takutlah kamu kepada orang yang melupakan mati dan hanya mengingat dunianya. Lalu Sayyidina Ali bertanya kepada Nabi Muhammad Saw: “siapakah mereka wahai rasulallah?”, Nabi menjawab: “mereka adalah orang yang orang-orang kaya, yang mempunyai dunia, kamu melihat mereka selalu menghadap untuk mengumpulkan dunia seperti menghadapnya ibu kepada anaknya, mereka adalah orang-orang yang merugi nanti”.
======
_____________________________________________

قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم مَنْ أَصْبَحَ وَالدُّنْياَ أَكْبَرُ هَمِّهِ فَلَيْسَ مِنَ اللهِ فِي شَيْءٍ، وَأَلْزَمَ اللهُ قَلْبَهُ أَرْبَعَ خِصَالٍ: هَمًّا لاَ يَنْقَطِعُ عَنْهُ أَبَداً، وَشُغْلاً لاَ يَتَفَرَّغُ مِنْهُ أَبَداً، وَفَقْراً لاَ يَبْلُغُ غِنَاهُ أبداً، وَأَمَلاً لاَ يَبْلُغُ مُنْتَهَاهُ أَبَداً

 Nabi SAW bersabda : “Barang siapa yang menjadikan dunia sebagai tujuan yang paling utama, niscaya baginya tak mendapatkan apa-pun dari Alloh, dan Alloh akan menetapkan hatinya dengan empat hal, pertama : Kesusahan yang tiada habisnya, kedua : Kesibukan yang tiada hentinya, ketiga : Fakir (merasa kekurangan) yang tak akan pernah merasakan cukup, keempat : Angan-angan yang tak akan tercapai selama-lamanya”.
__________

قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم : حب الدنيا رأس كل خطيئة فعليك بالإعراض عنها

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda; “Cinta dunia adalah sumber dari segala kesalahan maka wajib bagi kita untuk berpaling dari dunia ”.
_________

وقال الفقيه رضي الله عنه: من كان عاقلا فانّه يرضى بالفوت من الدنيا ولايشتغل بالجمع ويشتغل بعمل الاخرة دارالقرارودارالنّعيم والدنيا دارفناء وهي غدارة مفتّنة.

Al-Faqih RA. Berkata:
"Barang siapa mempunyai akal sehat tentu mereka ridho kekuatan duninya dan tidak sibuk menumpuk-numpuk dunia,dan mereka akan sibuk dengan amal akherat,sebab akherat itu tempat yang kekal dan tempat kenikmatan,sedangkan dunia itu tempat yang rusak,tidak kekal,banyak tipuan dan banyak fitnah.
____________

وروي جعفربن محمّد عن ابيه عن جدّه عن رسول الله صلّى الله عليه وسلّم انّه قال: ياعلىّ اربع حصال من الشقاء جمودالعين وقساوة القلب وحبّ الدنيا وبعدالامل.

Rosululloh saw. Bersabda:
Ya 'Ali : Ada empat golongan yang celaka:
1.Kering air matanya (tidak pernah menangis).
2.Keras hatinya( tidak bisa menerima kebaikan).
3.Terlalu cinta dunia ( lupa akherat).
4.Terlalu panjang angan-angan (merasa akan hidup selamanya).
___________

وقال رسول الله صلّى الله عليه وسلم:الدنيا سجن المؤمن والقبرحصنه والجنّة ماءواه والدنيا جنّة الكافر والقبرسجنه والنارماءواه.والله اعلم كما فى تنبيه الغافلين.

Rosululloh saw. Bersabda:
"Dunia itu penjara bagi orang mukmin,qubur menjadi betengnya dan surga adalah tempatnya,dan dunia itu surga bagi orang kafir,qubur menjadi penjaranya dan neraka adalah tempatnya".(di kutip dari kitab Tanbihul-ghofilin).

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG
_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

0 Response to "NHAJI POSO : MENCELA DUNIA"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP