NGAJI POSO : TANDA TANDA KEBAIKAN BAG 2




NGAJI POSO OLAH ROSO LAN JIWO
___________________________________

Kajian : 25 ( Duapuluh lima) - 10 Juni 2018
Kitab   : Albayanil Mushthofa Fi Washiyatil Musthofa
Bab     : Tanda tanda kebaikan

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assalamu'alaikum mas jhooon lan mbak jhooon.. sudah siap kita lanjutkan kajiannya... monggo ...

 يا علي, للعاقل والمؤمنين ثلاث علامات: الاستعانة بالدنيا على الآخرة, واحتمال الجفا, والصبر علي الشدائد.

☆▷ WAHAI 'ALI
Orang yang berakal mempunyai tiga tanda: Pertama, meminta pertolongan dunia untuk akhirat (menggunakan dunia untuk menuju akhirat). Kedua, menahan sikap kasar (tidak ramah) kepada orang lain. Dan Ketiga, sabar terhadap kesulitan-kesulitan.
======

, للعالم ثلاث علامات: صدق الكلام, اجتناب الحرام, التواضع,

Orang 'alim mempunyai tiga tanda : bicaranya benar, menjauhi perkara harom, rendah diri.
=====

 للتقي ثلاث علامات: يتقي الكذب, الخبث, جليس السوء، ويدع شطر الحلال مخافةَ أن يقع في الحرام.

Orang yang bertaqwa mempunyai tiga tanda: Pertama, takut berdusta. Kedua, takut berbuat jahat dan bergaul bersama orang yang jahat. Ketiga, meninggalkan separuh perkara yang halal (seperti makan nasi hukumnya halal, namun tidak berlebihan memakannya) karena takut terjerumus kepada perkara yang haram.
=====

للصدق ثلاث علامات: كتمان العبادة, كتمان الصدقة, كتمان المصيبة.

Orang yang benar mempunyai tiga tanda: Pertama, menyembunyikan ibadah. Kedua, menyembunyikan shodaqoh. Dan Ketiga, menyembunyikan musibah.
=====

وللعابد ثلاث علامات: يمقت نفسه؛ لأنها دائمًا تأمره فقط بالسوء, ويمقت نفسه دائمًا ويحاسبها, ويطيل القيام بين يدي الله,

Orang yang ahli ibadah mempunyai tiga tanda: Pertama, benci kepada diri sendiri (karena perbuatan dosa). Kedua, muhasabah diri (mengoreksi diri sendiri). Dan Ketiga, memperbanyak ibadah dihadapan Allah.
=====

وللصالح ثلاث علامات: يصلح بين الله وبينه بالعمل الصالح, ويصلح دِينه بالعمل الصالح, ويرضى للناس ما يرضى لنفسه.

Orang yang shalih mempunyai tiga tanda: Pertama, memperbaiki dirinya dihadapan Allah dan dihadapannya. Kedua, memperbaiki ibadahnya dengan perbuatan baik. Dan Ketiga, meridhoi (menyayangi) orang lain sebagaimana ia meridhoi dirinya sendiri.
=====

وللسعيد ثلاث علامات: قوت حلال, مجالسة العلماء, والصلوات الخمسة مع الإمام.

Orang yang bahagia mempunyai tiga tanda: Pertama, memakan makanan yang halal. Kedua, bergaul dengan ulama. Dan Ketiga, shalat lima waktu bersama imam (berjama’ah).

يا علي : وللمؤمن ثلاث علامات: يبادر في طاعة الله, ويجتنب المحارم, ويحسن إلى من أساء إليه

☆▷ WAHAI 'ALI
Orang Mukmin mempunyai tiga tanda: Pertama, bersegera melakukan ketaatan kepada Allah. Kedua, menjauhi perkara-perkara yang diharamkan Allah. Dan Ketiga, berbuat baik kepada orang yang jahat kepadanya.

. يا علي, وللسخي ثلاث علامات: العفو عند المقدرة, إخراج الزكاة, وحب الصدقات.

☆▷ WAHAI 'ALI
Orang yang dermawan mempunyai tiga tanda: Pertama, memaafkan ketika mampu. Kedua, mengeluarkan zakat. Dan Ketiga, suka mengeluarkan shadaqah.
=====

يا علي, وللحليم ثلاث علامات: يصِل من قطعه, ويعطي من حرمه, ويعفو عمَّن ظلمه.

☆▷ WAHAI 'ALI
Orang yang bijaksana mempunyai tiga tanda: Pertama, menyambung persaudaraan kepada orang yang memutuskannya. Kedua, memberikan kepada orang yang menghalanginya. Dan Ketiga, memaafkan orang yang berbuat jahat kepadanya.
=====

يا علي, وللصبور ثلاث علامات: الصبر على طاعة الله تعالى, والصبر على مصيبته, والصبر على قضاء الله.

☆▷ WAHAI 'ALI
Orang yang sabar mempunyai tiga tanda: Pertama, sabar ketika taat kepada Allah (melakukan perintah Allah). Kedua, sabar terhadap musibah (cobaan yang diderita). Dan Ketiga, sabar terhadap ketentuan Allah.
=====
_____________________________________________

وَرُوِيَ عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , أَنَّهُ قَالَ : " ثَلَاثٌ مَنْ رُزِقَهُنَّ فَقَدْ رُزِقَ خَيْرَيِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ الرِّضَا بِالْقَضَاءِ ، وَالصَّبْرُ عَلَى الْبَلَاءِ ، وَالدُّعَاءُ عِنْدَ الرَّخَاءِ

Rosululloh bersanda : siapa yang diberi 3 rizki oleh Alloh maka sesungguhnya dia mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat : Ridho dengan ketetapan Alloh, sabar dengan cobaan Alloh, berdoa ketika dalam keadaan senang.
_____________________

وروي ابو هريرة رضي الله تعلي عنه  عن النبي صلي الله عليه وسلم  انه سئل اي الناس اشد بلاء  قَالَ
الأَنْبِيَاءُ ثُمَّ الصَّالِحُونَ ثُمَّ الأَمْثَلُ فَالأَمْثَلُ

Diriwayatkan dari sahabat Abi Huroiroh RA. : Ada yang bertanya pada Rasulullah Shollallohu 'alaihi wasallam : “Ya Rasulallah, siapa manusia yang paling berat cobaannya ?”.
Rasulullah menjawab : “Para Nabi lalu orang-orang shalih lalu orang-orang yang semisal dengan mereka lalu yang semisal dengan mereka.
_____________________

وروي عن النبي يَةِ أنه قال: «من قل ماله وكثر عياله وحسنت صلاته ولم يغتب المسلمين جاء معي يوم القيامة هكذا'' وجمع أصبعيه.

Rosululloh SAW. dawoh : orang yang sedikit hartanya, banyak kluarganya,  bagus sholatnya, tidak mengunjing orang muslim, maka dia besok dihari kiyamat akan bersama denganku, beliau mengucapkan itu sambil mengumpulkan kedua jarinya.
___________________

وقال ابن عباس : أول شيء كتبه الله تعالى في اللوح المحفوظ ((إني أنا الله لا إله إلا أنا ، محمد رسولي، من استسلم لقضائي، وصبر على بلائي، وشكر نعمائي، كتبته صديقاً وبعثته مع الصديقين، ومن لم يستسلم لقضائي ولم يصبر على بلائي، ولم يشكر نعمائي، فليتخذ إلهاً سواي

Dari sahabat ibnu abbas RA. : Sesuatu yang pertama kali ditulis Oleh Alloh di lauhul mahfudz : saya Adalah Alloh tidak ada tuhan selain Saya, Muhammad itu utusan Saya, siapa yang menerima Qodlo'ku, sabar terhadap cobaanku, syukur kepadaku  dengan nikmat pemberianku, maka orang itu tertulis golongan orang yang benar, dan besok dihari qiamat akan aku bangunkan mereka berkumpul dengan para sidiqiin,  siapa tidak bersyukur atas nikmat-nikmat pemberian-Ku, tidak bersabar atas ujian-Ku dan ridla terhadap kepastian qadla-Ku, maka carilah Tuhan selain Aku.
_____________________________________________
=====

☆▷ WAHAI 'ALI
Orang yang sabar mempunyai tiga tanda: Pertama, sabar ketika taat kepada Allah (melakukan perintah Allah). Kedua, sabar terhadap musibah (cobaan yang diderita). Dan Ketiga, sabar terhadap ketentuan Allah.
=====

يا علي, وللتائب ثلاث علامات: اجتناب الحرام, الحرص على طلب العلم, لا يعود للذنب كما لا يعود الحليب إلى الضرع.

☆▷ WAHAI 'ALI
Orang yang bertaubat mempunyai tiga tanda: Pertama, menjauhi perkara yang diharamkan Allah. Kedua, semangat mencari ilmu. Dan Ketiga, tidak kembali melakukan dosa sebagaimana tidak kembali susu sapi ketempat perahannya

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG
_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

0 Response to "NGAJI POSO : TANDA TANDA KEBAIKAN BAG 2"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP