364. ALKOHOL DALAM PARFUM DAN OBAT NAJISKAH ?


PERTANYAAN :

⏩ Faathimah > ‎CAFFEBY KISWAH

Assalaamu'alaykum,,, mau nanya, cologne baby di komposisi na trtulis ,,, alkohol, air dll, berarti jk dipake bayi ato dewasa, najiskah ? Krn mngandung alkohol,,, mhn jawab na syukraan

JAWAB :

Wa'alaikum salam Wr. Wb.

⏩ Jack Shona Al Chilmi

Alkohol yang terdapat pada obat dan minyak wangi termasuk NAJIS yang DIMA'FU (dimaafkan)

ومنها المائعات النجسة التي ... تضاف إلى الأدوية والروائح العطرية لإصلاحها فإنه يعفى عن القدر الذي به الإصلاح قياسا على الأنفحة المصلحة للجبن

Termasuk bagian najis yang di ma'fu (dimaafkan) adalah najis yang terdapat pada obat-obatan dan wewangian harum dengan tujuan untuk memperbaikinya, maka di ma'fu sekedar takaran yang dipakai untuk memperbaikinya dengan dianalogkan pada aroma yang mempernaiki pada keju. [ Fiqh 'Alaa madzaahib al-Arba'ah I/15 ].

Piss KTB

⏩ Rifaie Achmad

Alkohol pada dasarnya dlm KBBI diartikan :: Cairan tdk berwarna yg mudah menguap, mudah terbakar, dipakai dlm industri dan pengobatan. Merupakan unsur ramuan yg memabukkan dalam kebanyakan minuman keras.

Selanjutnya, ada beberapa orang menyatakan alkohol untuk parfum dan obat berbeda dgn alkohol untuk minuman keras. Entah atas dasar ilmu kimia atau hanya persepsi semata, kami akan menjawab yg pasti saja sesuai pengetahuan kami, bahwa alkohol dikategorikan sebagai khomr (najis dan haram)

Hukum alkohol untuk campuran pewangi atau obat menurut madzhab Syafi’i dima’fu (dimaafkan) karena sebagai campuran memperbaiki fungsi obat atau pewangi saja, artinya boleh di pakai sholat dll. Berbeda jika campuran terlalu banyak melebihi kebutuhan semestinya, maka kembali ke hukum awal, yakni najis.

الفقه على المذاهب الأربعة ج ١ - صــ ١٩
ومنها المائعات النجسة التي تضاف الى الادوية والروائح العطرية لاصلاحها فانه يعفى عن القدر الذي به الاصلاح قياسا على الانفخة المصلحة للجبن ومنها الثياب الي تنشر على المبنية بالرماد النجس فانه يعفى عما يصيبها من ذلك الرماد لمشقة الاحتراز .

Sementara menurut Doktor Wahbah al Zuhaili di dalam al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh (sebagai golong ulama kekinian, penyeimbang pendapat pertama) , alkohol tidak najis baik untuk campuran obat atau parfum dll. Sebab bahan-bahan alkohol itu tidak sama dengan bahan yang dibuat khamr. Disamping, hukum najis/haram yang ada pada khamr tidaklah bersifat inderawi tapi ma`nawi. Jadi tidak dapat disamakan antara khamr dan alkohol.

فقه الاسلام وادلته /7/4/5264
مادة الكحول غير نجسة شرعا بناء على ما سبق تقريره من ان الاصل في الاشياء الطهارة سواء كان الكحول صرفا ام مخففا بالماء ترجيحا للقول بان نجاسة الخمر وسائر المسكرات معنوية غير حسية لاعتبارها رجسا من عمل الشيطان. وعليه فلا حرج شرعا من استحدام الكحول طيبا كمطهر للجلد والجروح والادوات وقاتل للجراثيم او استعما ل الروائح العطرية التي يستحدم الكحول فيها كمذيب للمواد العطرية الطيارية اواستخدام الكريمات التي يدخل الكحول فيها ولا ينطبق ذلك على الخمرة لحرمة الانتفاع.

↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆

0 Response to "364. ALKOHOL DALAM PARFUM DAN OBAT NAJISKAH ? "

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP