NGAJI POSO : WARO' ( Berhati hati ) Bag 3



NGAJI POSO OLAH ROSO LAN JIWO
___________________________________

Kajian  : 20 ( Duapuluh ) - 05 Juni 2018
Kitab   : Albayanil Mushthofa Fi Washiyatil Musthofa
Bab     : waro' ( Berhati hati )

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assalamu'alaikum.... alhdulillah fikulli chal.. kita sudah hampir menyempurnakan puasa satu bulan... tetap semangat dan kita lanjutkan kajiannya :

يا علي, من أنعم الله عليه فشكر, وإذا ابتلاه فصبر, وإذا أساء استغفر دخل الجنة من أيِّ باب شاء.

☆▷WAHAI 'ALI
Siapa yang bersyukur ketika diberikan ni’mat oleh Allah dan bersabar ketika mendapatkan cobaan-Nya, dan ia berbuat buruk lalu memohon ampun kepada Allah, maka kelak ia akan masuk ke surga dari pintu mana saja yang ia kehendaki.
=====
_____________________________________________

عن وهب بن منبه قال: وجدت في التوراة أربعة أسطر متواليات: أحدها: من قرأ كتاب الله تعالى فظن أن لن يغفر الله له فهو من المستهزئين بآيات الله. والثاني: من تواضع لغني لغناه فقد ذهب ثلثا دينه. والثالث: من حزن على ما فاته سخط قضاء ربه. والرابع: من شكا مصيبة فإنما يشكو ربه

Dari sahabat Wahab bin munabih, Beliau berkata : " Saya membaca dalam Taurat 4 baris berturut turut : "
1. Barang siapa yang membaca Kitab Allah dan menyangka Dia tidak mengampuninya , maka dia termasuk orang yang beristihza' dengan ayat ayat Alah ,
2. Siapa Yang Tawaduk (Merendahkan Diri) Pada Orang Kaya, Kerana Kekayaannya Maka Bererti Telah Hilang Dua Pertiga Agamanya (Keyakinannya)
3.  barang siapa yang menyesal atas sesuatu yang hilang darinya ; dari dunia maka ia membenci ketentuan Allah
4. barang siapa yang mengeluh dengan musibah yang menimpanya , maka ia mengeluh kepada Alah Ta'ala.
____________

قال رسول الله ص.م
 ان اعظم الجزاء مع اعظم البلاء وان الله تعلى إذا احب عبدا ابتلاهم واذا صبر اجتباه واذا رضي اصطفاه

Rasulullah saw bersabda: “Besarnya pahala, bergantung kepada besarnya ujian. Sesungguhnya Allah apabila mencintai satu hamba Dia akan mengujinya, kalau hamba itu sabar dan ridho maka Alloh akan memilihnya.
_________________

HIKAYAT
▔▔▔▔▔▔
Pada suatu hari Nabi Musa a.s. telah keluar dan pergi berjalan-jalan bersama dengan Yusa' bin Nun , tiba-tiba ada seekor burung putih yang hinggap pada bahu Nabi Musa a.s.

→ Burung itu berkata : "Wahai Nabi Allah lindungilah aku dari suatu pembunuhan pada hari ini".

⇨ Nabi Musa a.s bertanya : "Dari siapa?"

→ Jawab burung itu : "Dari burung helang yang mahu memakan aku."

Burung itu lalu masuk kelengan baju Nabi Musa a.s dan tidak berapa lama datanglah burung helang terbang menghadap Nabi Musa a.s dan berkata

▷ Burung helang berkata : "Hai Nabi Musa, janganlah engkau menghalangi aku dari buruanku."

⇨ Nabi Musa berkata : "Aku akan menyembelih seekor kambingku untukmu sebagai gantinya."

▷ Jawab burung helang : "Daging kambing tidak sesuai bagiku."

Selanjutnya burung helang itu berkata : ▷ "Sebagai ganti, aku ingin makan dua biji matamu sebagai ganti."

⇨ Jawab Nabi Musa a.s : "Baiklah kalau demikian."

Kemudian Nabi Musa a.s tidur menelentang dan datanglah burung helang itu hinggap di dada Nabi Musa a.s dan hendak mematuk dua matanya dengan paruhnya.

◇ Melihat yang demikian ini Yusa' bin Nun berkata : "Wahai Nabi Allah, apakah engkau menganggap mudah dua mata engkau, hanya dalam urusan burung ini sahaja?"

Maka burung itu terbang dari lengan baju Nabi Musa a.s dan helang pun mengejarnya. Akhirnya kedua-dua burung itu kembali menghadap kepada Nabi Musa a.s seraya berkatalah seekor dari antara keduanya :

→ "Aku sebenarnya adalah malaikat Jibril dan kawanku ini adalah malaikat Mikail. Tuhanmu telah menyuruh kami menguji kepadamu boleh bersabarkah engkau dari qadha' Tuhanmu atau tidak." ( Durorun Nashihin )
________________

روي عن النبى  صلى الله عليه وآله وسلم انه قال : الصبر ثلاثة: صبر عند المصيبة وصبر على الطاعة وصبر عن المعصية. فمن صبر على المصيبة حتّى يردّها بحسن عزائها، كتب الله له ثلاثمائة درجة ما بين الدرجة إلى الدرجة كما بين السماء والأرض، ومن صبر على الطاعة كتب الله له ستمائة درجة ما بين الدرجة إلى الدرجة كما بين تخوم الأرض إلى العرش، ومن صبر عن المعصية كتب الله له تسعمائة درجة ما بين الدرجة إلى الدرجة كما بين تخوم الأرض إلى منتهى العرش

Diriwayatkan dari Rasulullah s.a.w Beliau bersabda : Sabar itu ada tiga:

Sabar terhadap bencana.
Sabar berlaku taat.
Sabar menjauhi perbuatan durhaka.

Barangsiapa sabar terhadap bencana, maka dicatat baginya tiga ratus derajat yang jaraknya jauh antara tiap-tiap dua derajat seperti jauhnya antara langit dan bumi.

Barangsiapa sabar berlaku taat, maka dicatatkan baginya enam ratus derajat yang jarak jauhnya antara dua derajat seperti jarak jauh antara permukaan bumi yang paling atas dengan dasar bumi yang ketujuh.

Barangsiapa sabar menjauhi perbuatan durhaka, maka dicatatkan baginya sembilan ratus derajat, yang jaraknya jauh antara tiap-tiap dua derajat seperti jarak jauhnya antara Arsy dengan bumi."

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG
_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

0 Response to "NGAJI POSO : WARO' ( Berhati hati ) Bag 3"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP