NGAJI POSO : JUJUR DAN PERTEMANAN



NGAJI POSO OLAH ROSO LAN JIWO
___________________________________

Kajian   : 13 ( Tigabelas ) - 29 Mei 2018
Kitab     : Albayanil Mushthofa Fi Washiyatil Musthofa
Bab        : Jujur (al-Shidqi) dan Pertemanan (al-Shidâqah)

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assalamu'alaukum mas jhooon.. lanjut yg kemarin nggih...monggo...

وقال عليه الصلاة والسلام : يا عَلي, اصدق وإن ضرَّك في العاجل؛ فإن الصدق ينفعك في الآجل, ولا تكذب وإن نفعك في العاجل؛ فإنه يضرُّك في الآجل.

Nabi Muhammad Saw bersabda:

☆▷ WAHAI 'ALI
Jujurlah kamu sekalipun itu dapat membahayakan kepadamu pada waktu sekarang, karena kejujuran akan memberikan manfaat bagimu diwaktu yang akan datang. Janganlah kamu berdusta sekalipun itu dapat memberi manfaat kepadamu pada waktu sekarang, karena berdusta akan memberikan bahaya bagimu diwaktu yang akan datang.
=====

يا عَلي, من كثرت ذنوبه ذهب بهاؤه.

☆▷ WAHAI 'ALI
Siapa yang banyak dosanya akan hilang cahaya wajah (aura) nya.
=====

يا عَلي, عليك بصدق الحديث, وحفظ الأمانة, وسخاء النفْس، وعفة البطن.

☆▷ WAHAI 'ALI
Senantisalah kamu untuk jujur dalam bebicara, menjaga perkataan, menjaga amanat, dermawan, dan menjaga perut dari barang yang haram.
=====
_____________________________________________

قال الفقيه رضى الله عنه حديثنا محمد ابن الفضل حدثنا محمد ابن جعفر حدثنا ابرهيم ابن يوسف حدثنا أبو معاوية عن الأعمش عن شقيق بن سلمة عن عبد الله بن مسعود قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم عليكم بالصدق فإن الصدق يهدي إلى البر وإن البر يهدي إلى الجنة وما يزال الرجل يصدق ويتحرى الصدق حتى يكتب عند الله صديقا وإياكم والكذب فإن الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار وما يزال العبد يكذب ويتحرى الكذب حتى يكتب عند الله كذابا

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Wajib atas kalian berlaku JUJUR, karena sesungguhnya JUJUR itu menunjukkan (pelakunya) kepada kebaikan, dan kebaikan itu menunjukkan kepada Surga. Seseorang senantiasa JUJUR dan berusaha untuk selalu JUJUR sehingga ia ditulis di sisi Allah sebagai orang yang sangat JUJUR. Dan jauhilah oleh kalian sifat DUSTA, karena sesungguhnya DUSTA itu menunjukkan pelakunya kepada keburukan, dan keburukan itu menunjukkan kepada api Neraka. Seseorang senantiasa berdusta dan berusaha untuk selalu berdusta sehingga ia ditulis disisi Allah sebagai seorang pendusta.

قال الفقيه رضى الله عنه حديثنا محمد ابن الفضل حدثنا محمد ابن جعفر حدثنا ابرهيم ابن يوسف حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ ، قَالَ : حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ ، عَنْ عُمَارَةَ بْنِ عُمَيْرٍ ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ ، قَالَ : قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ : " اعْتَبِرُوا الْمُنَافِقَ بِثَلاثٍ : إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ ، وَإِذَا عَاهَدَ غَدَرَ

Dari abdulloh bin mas'ud : Ambillah ibarot dari orang munafiq dengan 3 perkara : ketika berbicara bohong ketika berjanji selalu mengingkari jika dipercaya selalu menghianati.

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اِضْمَنُوا لِيْ سِتًّا مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَضْمَنُ لَكُمُ الْجَنَّةَ: اُصْدُقُوا إِذَا حَدَّثْتُمْ، وَأَوْفُوْا إِذَا وَعَدْتُمْ، وَأَدُّوْا إِذَا ائْتُمِتْنُمْ ،وَاحْفَظُوْا فُرُوْجَكُمْ وَغَضُّوْا أَبْصَارَكُمْ وَكُفُّوْا أَيْدِيَكُمْ.

Dari Ubadah bin ash-Shamit bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

“Jaminlah enam perkara dari kalian untukku niscaya aku jamin bagi kalian surga: Jujurlah apabila kalian berbicara, tepatilah (janji) apabila kalian berjanji, tunaikanlah (amanat) apabila kalian diberi amanat, jagalah kemaluan kalian, tundukkanlah pandangan kalian dan jagalah tangan-tangan kalian.
_____________________________________________
=====

يا عَلي, بئس الصديق الذي يُقصر في [حقِّ] صديقه ويفشي سره.

☆▷ WAHAI 'ALI
Seburuk-buruk teman adalah yang meremehkan temannya dan  membongkar rahasianya.
=====

يا عَلي, ألف صديق قليل, وعدوٌّ واحد كثير.

☆▷ WAHAI 'ALI
Seribu orang teman itu sedikit, sedangkan satu orang musuh itu banyak.
=====

يا عَلي, للصداقة علامات: أن يجعل ما له دون مالك, ونفسه دون نفسك, وعِرضه دون عِرضك.

☆▷ WAHAI 'ALI
Pertemanan itu mempunyai beberapa tanda: Pertama menjadikan hartanya untuk mencukupi hartamu. Kedua, menjadikan dirinya untuk menjaga dirimu, dan Ketiga, harga dirinya untuk menjaga harga dirimu.
=====

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG
_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

0 Response to "NGAJI POSO : JUJUR DAN PERTEMANAN"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP