NGAJI POSO ( HALAL, HAROM, ULAMA', LMU)


NGAJI POSO OLAH ROSO LAN JIWO 
___________________________________

Kajian  :   1 ( satu ) - 17 Mei 2018
Kitab    :   Albayanil Mushthofa fi Washiyatil Musthofa
Bab      :    Muqodimah & Halal - Haram

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assaamu'alaikum untuk sedanten mas lan mbak jhooon yang penuh dengan aura cinta positif penikmat ilmu Alloh... semoga selalu sehat dan semangat... monggo di pagi ini kita molai kajiannya semoga berkah dan kita bisa mengambil pelajaran dan ilmu didalamnya yg nantinya kita aplikasikan dalam kehidupan kita.. 

monggo dimolai Alfatihah.........

                              بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين ،والصلاة والسلام علي سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم. هذه وصية المصطفى عليه الصلاة والسلام لسيدنا علي بن أبي طالب (كرم الله وجهه)

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah yang mengurus semua alam, dan Shalawat serta Salam (Hormat) kepada penghulu kita Nabi Muhammad Saw dan keluarganya dan sahabatnya. Dan setelah itu (Pembukaan). Ini adalah wasiyat al Musthafa (Nabi Muhammad Saw) kepada Sayyidina Ali Ibn Abi Thalib Karromallohu Wajhah.
=====

 قال: دعاني رسول الله عليه الصلاة والسلام فخلوت معه في منزله فقال لي : يا على أنت مني بمنزلة هارون من موسى عليه السلام غير أنه لا نبي بعدي ، إني أوصيك اليوم بوصية إن أنت حفظتها عشت حميداً ومت شهيداً وبعثك الله يوم القيامة فقيها عالماً 

Sayyidina Ali berkata: Aku dipanggil oleh Rasulullah Saw, lalu aku menyepi bersama beliau dirumah-Nya. Lalu beliau berkata kepadaku : "Wahai Ali, pangkatmu menurutku sama seperti Nabi Harun A.S saudaranya Nabi Musa A.S, hanya saja tidak ada Nabi setelah aku, Sesungguhnya aku akan memberikan wasiyat kepadamu, jika kamu menjaga dan
mengamalkannya, maka kamu akan hidup terpuji dan mati dalam keadaan syahid, serta dibangkitkan dihari kiamat dalam keadaan faqih serta 'alim.
=====

 - ياعَلي, من أكل الحلال صفَا دينه, ورقَّ قلبه, ولم يكن لدعوته حجاب.

☆▷ WAHAI 'ALI
Barang siapa yang memakan makanan yang halal, maka agamanya akan menjadi bersih, hatinya menjadi lunak, dan tidak ada penghalang bagi doa-doa yang ia panjatkan.
=====

 - يا عَلي, من أكل الشبهات، اشتبه عليه دِينه, وأظلم قلبه, ومن أكل الحرام، مات قلبه, وخفَّ دينه, وضعُف يقينه, وحَجب الله دعوته, وقَلَّت عبادته.

☆▷ WAHAI 'ALI
Barang siapa yang memakan makanan yang Syubhat ¹ , maka agamanya akan samar baginya dan hatinya menjadi gelap. Dan barang siapa yang memakan makanan yang haram, maka hatinya akan mati, agamanya akan ringan, lemah keyakinannya, Allah akan menghalangi doa yang ia panjatkan (tidak dikabulkan doanya), dan sedikit ibadahnya (malas untuk beribadah).
____________
¹). Syubhat : tidak jelas halal haromnya.
=====

 - يا عَلي, إذا غضب الله على أحد، رزقه مالًا حرامًا, فإذا اشتدَّ غضبه عليه وكلَ به شيطانًا يبارك له فيه, ويصحبه, ويشغله بالدنيا عن الدِّين, ويسهِّل له أمور دنياه, ويقول له: الله غفورٌ رَحيم. 

☆▷ WAHAI 'ALI
Jika Allah murka kepada seseorang, maka Allah akan memberikan kepadanya rizki yang haram. Dan jika Allah sangat murka kepadanya, maka Allah akan menjadikan setan sebagai wakilnya yang selalu mengajaknya kepada harta yang haram, menemaninya, menyibukkannnya terhadap dunia dan mengalahkan akhirat, dan ia memudahkannya untuk urusan dunianya. Dan ia berkata: Allah itu maha pengampun dan maha penyayang.
=====

-يا عَلي, ما سافر أحدٌ طالبًا الحرام ماشيًا إلَّا كان الشيطان قرينه, ولا راكبًا إلا كان رديفه, ولا جمع أحدٌ مالًا حرامًا إلا أكله الشيطان, ولا نسي أحدٌ اسم الله تعالى عند الجِماع إلا شاركه الشيطان في ولده, وذلك قول الله تعالى: وَشَارِكْهُمْ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ وَعِدْهُمْ [الإسراء: 64

☆▷ WAHAI 'ALI
Seseorang yang berjalan kaki untuk mencari barang yang haram, maka setan menjadi temannya. Jika ia berkendara, maka setan dibonceng olehnya. Dan seseorang yang mengumpulkan harta yang haram, maka setan akan memakannya dan ia akan lupa menyebut nama Allah ketika berjima’, sehingga setan ikut andil dalam proses pembuatan anaknya. Dan ini sesuai dengan firman Allah Swt: “wasyaarikhum fil amwaali wal awlaadi wa ‘idhum”.
________________________

Abu Laits memberi nasehat : “Perlu di ketahui bahwa kita umat manusia punya musuh musuh tangguh, yang harus dihadapi secara serius/dengan penuh kesungguhan, mereka itu adalah :

1.Kesenangan dunia

Kesenangan hidup/kehidupan dunia , menunjuk Firman Allah SWT:

“Maka janganlah terperdaya oleh kesenangan hidup di dunia… (Luqman 33)

2. Hawa Nafsu

Hawa nafsu kita sendiri, dialah musuh jahat yang tertangguh, menunjuk hadist riwayat ibnu Abbas Ra, Nabi Saw bersabda :

“Sejahat jahat musuhmu/yang paling berbahaya adalah nafsumu sendiri, ia bersarang diantara 2 tulang rusukmu/lambung”

Juga menunjuk Firman Allah :

“Aku tidaklah melepas hawa nafsuku, sebab nafsu itu menyuruh berbuat jahat,….. (Yusuf 53)

3. Setan dari bangsa jin

Setan bangsa jin, maka berlindunglah kepada Allah SWT dari perdayanya, menunjuk firman Allah :

Sesungguhnya setan itu musuhmu, untuk itu perlakukanlah ia sebagai musuh ,.. (Fathir : 6)

4. Setan dari bangsa manusia

Setan bangsa manusia, maka berhati hatilah dalam menghadapinya, ia lebih ganas menyerangmu dibandingkan dengan setan bangsa jin, sebab setan bangsa jin dalam menyerang senjatanya hanya bisikan saja, tetapi setan bangsa manusia dalam menyesatkan, secara nyata/terang terangan, dan dengan bertatap muka, bahkan dengan bantuan (apa saja yang menjadi hajat hidupnya).

Wallahu a’lam
___________________________

Wahab bin Munabbih berkata: Allah telah menyuruh iblis datang kepada Nabi Muhammad SAW. untuk menjawab segala pertanyaan-pertanyaannya. Maka datanglah iblis berupa orang yang tua yang bertongkat dan ketika ditanya oleh Nabi SAW.

◇ “Siapakah kamu?”

▷ Jawabnya; “Iblis.”

◇ Nabi SAW. bertanya lagi; “Kenapakah kamu datang?”.

▷ Jawab iblis; “Allah menyuruhku datang kepadamu untuk menjawab segala pertanyaanmu.”

◇ Lalu Nabi Muhammad SAW bertanya; “Ya Mal’uun! berapa musuh-musuhmu dari ummatku?”.

▷ Jawab iblis; “Lima belas orang”.

1. Engkau (Nabi Muhammad SAW).
2. Imam yang adil.
3. Orang kaya yang merendah diri.
4. Pedagang yang jujur [benar].
5. Orang Alim yang khusyuk.
6. Orang mukmin yang suka menasihati.
7. Orang mukmin yang murah hati (belas kasih).
8. Orang yang bertaubat dan tetap pada taubatnya.
9. Orang yang menjauh dari segala yang haram.
10. Orang yang tetap berwudhu {apabila batal sentiasa diperbaharui dengan wudhu yang lain).
11. Orang mukmin yang banyak bersedekah.
12. Orang mukmin yang baik budi akhlaqnya.
13. Orang mukmin yang banyak jasa gunanya pada manusia.
14. Orang yang membawa Al-Qur’an dan selalu membacanya.
15. Orang yang suka sembahyang tahajjud malam di waktu orang-orang sedang tidur.

◇ Lalu ditanya oleh Nabi SAW.; “Siapakah kawan-kawanmu dari umatku?”.

▷ Jawab iblis; “Sepuluh orang”.

1. Raja(pemerintah) yang zalim..
2. Orang kaya yang sombong.
3. Peniaga yang khianat(penipu).
4. Pemabuk (Peminum arak).
5. Tukang adu domba (fitnah).
6. Pelacur.
7. Pemakan harta anak yatim.
8. Orang yang meremehkan sembahyang.
9. Penolak zakat (tidak mengeluarkan zakat).
10. Orang yang panjang angan-angan.

Mereka itulah sahabat-sahabatku.

Iblis berkata: “Oleh kerana Engkau (wahai Tuhan) menyebabkan daku tersesat (maka) demi sesungguhnya aku akan mengambil tempat menghalangi mereka (dari menjalani) jalanMu yang lurus. [Al-Araaf : 16]
_________________________

☆ HIKAYAT ☆

Ibnu Abbas berkata: Bahwa pada zaman dahulu ada seorang ahli ibadah dan ahli zuhud bernama Barseso dari kalangan bani Isra’il, ia sangat tekun sholat dan puasa dan bahkan ia termasuk orang yang dikabulkan do’anya, dengan lantaran do’a itu ia mampu mengobati berbagai macam penyakit sehingga dari segala penjuru dunia banyak yang berduyun-duyun datang untuk berobat kepadanya, karena ia cukup masyhur dan manjur dengan terapi pengobatannya waktu itu.

Di balik ketekunan ia beribadah ternyata ada sosok yang memendam rasa iri dan dengki yaitu iblis La’anahullah. Ia berusaha dan terus berupaya ingin menjerumuskan Barseso, sehingga pada suatu hari iblis mengumpulkan teman-temannya dan mengumumkan 

→ “Ayo…siapa yang bisa memfitnah dan menyesatkan Barseso?...”, lalu… 

⇨      “saya bisa!...”, dari arah belakang jin yang bernama Ifrit menjawab dan menyanggupinya, 

⇨ “kalau saya tidak bisa memfitnah dan menyesatkan Barseso, jangan panggil saya Ifrit, jangan anggap saya sebagai temanmu lagi” begitu tambahnya.

Ifrit pun segera menyusun siasat dan rekayasa untuk memperdaya Barseso. Ifrit mendatangi salah seorang raja bani Isra’il yang kebetulan mempunyai seorang putri yang sangat cantik, ya…bunga desanya orang bani Israil kala itu, lalu Ifrit menyusupi sang putri tersebut sehingga sang putri layaknya orang kerasukan dan tak sadarkan diri. Peristiwa itu cukup membuat sang raja, keluarga dan para bala tentara jadi panik dan kebingungan.

Tiba-tiba di tengah-tengah kebingungan tadi Ifrit datang menghadap dengan menjelma sebagai sosok manusia, 

⇨ “kalau boleh saya memberikan saran, coba sang putri dibawa kerumahnya orang ahli ibadah yang bernama Barseso, dia adalah salah seorang yang dikabulkan do’anya, sang putri pasti bisa disembuhkan”, saran Ifrit kepada sang raja.

 Lalu dengan tidak sabar sang raja bersama bala tentaranya bergegas berangkat membawa sang putri ke rumah orang yang telah disebutkan oleh Ifrit tadi untuk di obatkan.
Dan… kali ini memang benar kata Ifrit, sang putri benar-benar bisa disembuhkan, namun setelah di bawa pulang penyakit sang putri kumat lagi, ia kembali kerasukan seperti sebelumnya. Ifrit kembali datang menjelma dan menyarankan

⇨ “Kalau sang raja menginginkan sang putri sembuh, untuk beberapa hari biarlah sang putri mukim (kost) dirumahnya Barseso sampai sang putri betul-betul sembuh”,

 akhirnya sang raja pun setuju dan segera berangkat mengantarkan putrinya ke rumah Barseso.

Sebenarnya Barseso merasa keberatan atas permintaan sang raja, karna tentu saja hal itu akan sangat mengganggu ketenangan ibadahnya, namun karena terus dipaksa oleh sang raja dengan alasan kesembuhan putrinya akhirnya Barseso pun mengijinkan sang putri tinggal bersamanya.

Suatu ketika, Barsisa duduk untuk memberi perempuan itu makan. Tiba-tiba, si perempuan Bani Israil yang masih menderita gila membuka penutup wajahnya. Barsisa pun lama tertegun melihat kecantikannya.

Kemudian, pada lain waktu, Barsisa melihat wajah dan seluruh tubuh si perempuan. Karena tidak dapat menahan hawa nafsu, Barsisa pun menghamilinya.

Lalu, setan Ifrit mendatanginya,

⇨ “Sesungguhnya engkau telah menghamilinya. Tidak ada yang menyelamatkanmu dari hukuman raja atas perbuatanmu, kecuali engkau membunuh dan menguburnya. Jika mereka bertanya kepadamu tentang dirinya, jawablah bahwa dia sudah meninggal.

Setelah mendengar bujukan setan, Barsisa langsung berdiri dan membunuhnya. Kemudian, dikuburlah jasad si perempuan.

Suatu hari, keluarga si perempuan datang dan bertanya kepadanya. Ia pun memberi informasi bahwa anak mereka sudah meninggal. Mereka pun mempercayainya dan pulang.

***
Dalam riwayat lain, dikisahkan bahwa Barsisa mejawab bahwa anak perempuan mereka sudah sembuh dan pergi ke rumahnya. Mereka pun mempercayainya dan pulang.

Kemudian, setan memberikan informasi bahwa Barsisa telah menghamilinya. Tapi, khawatir ketahuan, ia pun membunuh dan menguburnya.

Akhirnya, sang raja datang bersama bawahannya menemui Barsisa. Mereka pun menggali tanah dan menemukan mayat perempuan itu dalam keadaan telah menjadi mayat.

Akhirnya mereka menangkap sang pendeta, lalu memasungnya. Saat itu datanglah setan dan berkata,

⇨ “Sebenarnya akulah yang melakukan sesuatu yang kamu lakukan itu. Aku akan menyelamatkanmu jika kamu mau bersujud kepadaku satu sujud saja selain kepada Allah.
Aku akan mengabari mereka bahwa yang membunuhnya bukan kamu. Mereka akan mempercayaiku.”

▷ Barsisa pun berkata, “Bagaimana akau bersujud dalam keadaan seperti ini.”

⇨ Si setan berkata, “Aku senang jika kamu memberikan isyarat dengan kepalamu.”

Akhirnya, dengan melakukan perintah setan, Barsisa pun sujud kepada setan dengan satu kali sujud. Setan yang terlihat gembira berkata, 

⇨ “Aku berlepas diri dari kamu.” Itulah firman Allah dalam QS. Al-Hasyr 16 – 17

( Wallohua'lam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG
_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

0 Response to "NGAJI POSO ( HALAL, HAROM, ULAMA', LMU)"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP