NGAJI POSO : HALAL, HAROM, ULAMA', ILMU bag 2



NGAJI POSO OLAH ROSO LAN JIWO
___________________________________

Kajian :  2 ( dua ) - 18 Mei 2018
Kitab   :  Albayanil Mushthofa Fi Washiyatil Musthofa
Bab     :   Halal - Haram - 'ulama - ilmu

☆ SINAU BARENG PGP-CKW-DS ☆
=============================

Assalamu'alaikum mas jhooooon... leren ngopi ngempet sampek mahgrib disik ya mas jhooon, biar ngempetnya lebih bermakna kita lanjutkan kajiannya ... lanjuut →

- يا عَلي, لا يقبل الله تعالى صلاة بلا وضوء, ولا صدقة من الحرام.

☆▷ WAHAI 'ALI
Allah tidak menerima Shalat tanpa wudhu dan shadaqah dari harta yang haram.
=====

- يا عَلي, لا يزال المؤمن في زيادة من دِينه ما لم يأكل الحرام, ومَن فارق العلماء، مات قلبه, وعمِي عن طاعة الله تعالى.

☆▷ WAHAI 'ALI
Seorang muslim senantiasa berada dalam tambahan pada agamanya selama ia tidak makan dari harta yang haram, dan barang siapa yang berpisah dari Ulama, maka hatinya akan mati, dan buta (inkar) dari kepatuhan kepada Allah ta’ala.
=====

- يا عَلي, من قرأ القرآن ولم يُحلَّ حلاله, ويحرِّم حرامه, كان من الذين نبذوا كتاب الله وسُنة رسوله وراء ظهورهم.

☆▷ WAHAI 'ALI
Barang siapa yang membaca al-Qur’an namun tidak menghalalkan perkara yang dihalalkan Allah dan tidak mengharamkan perkara yang diharamkan Allah, maka ia termasuk orang-orang yang membuang kitab Allah (al-Qur’an) dibelakang punggungnya.
=====
_____________________________________________

عن ابى ذر رضي الله عنه قال: قال عليه الصلاة والسلام، من جلس عند العالم ساعتين او اكل معه لقمتين او سمع منه كلمتين او مشي معه خطوتين اعطاه الله تعا لى جنتين كل جنة مثل الد نيا مرتين (رواه ابن ماجه)

Artinya: “Abu Dar RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang duduk bersama orang alim dalam dua waktu, atau sama-sama makan dua suap atau mendengar dua kalimat dari dia, atau melangkahkan kaki dua langkah bersamanya, maka Allah akan memberikan dua syurga yang masing-masing syurga sebanding dengan dua putaran dunia”. (H.R. Ibnu Majah)

وعن على كرمالله وجهه عن النبي صلى الله عليه وسلم انه قال: سأ لت جبر يل عن اصحاب العلم فقال: هم سرج امتك فى الدنيا و الأخرة، طلوبى لمن عرفهم، والويل لمن ان كرهم وابغضهم (رواه النساء)

Artinya:“Dari Ali Karromallohu Wajhah dari Nabi SAW sesungguhnya beliau bersabda: Aku bertanya pada Jibril AS dari orang yang berilmu (ashabul ilmi). Kemudian Jibril berkata: mereka ialah pelita (lampu) ummatmu di dunia dan akhirat, beruntunglah orang yang mengenalinya dan celakalah bagi orang yang mengingkari dan membencinya”. (H.R. Nasa’i)

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من صلى الصلاة مع الجماعة وجلس فى حلقة العلم وسمع كلام الله وعمل به أعطاه الله تعالى ستة أشياء الرزق من الحلال وينجو من عذاب القبر ويعطى كتابه بيمينه ويمر على الصراط كالبرق الحاطف ويحشر مع النبيين وبنى الله بيتا فى الجنة من ياقوتة حمراء له أربعون بابا.

artinya : Rosululloh SAW bersabda : Barang siapa yang sholat berjama'ah , dan duduk di halaqoh ilmu, dan mendengarkan firman Alloh serta mengamalkannya, maka Alloh menganugrahi orang tersebut enam perkara : Rizki yang halal, Selamat dari siksa kubur, Diberikan buku amalan dengan tangan kanan, Berjalan disirotul mustaqim bagai kilat yang menyambar, Dikumpulkan bersama para nabi, dan dibangunkan rumah oleh Alloh disurga yang terbuat dari yaqut merah, dan rumah itu memiliki 40 pintu.”

( Wallohu'alam )

SEMOGA BERMANFAAT

BERSAMBUNG
_________________________________________
_________L_I_K_E__&__S_H_A_R_E_________

#ayo_poso
#ayo_golek_roso_ojo_golek_rondo

0 Response to "NGAJI POSO : HALAL, HAROM, ULAMA', ILMU bag 2"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP