KEKARISMATIKAN MBAH DALHAR WATUCONGOL



KEKARISMATIKAN MBAH DALHAR WATUCONGOL

Assalamu'alaikum mas jhoooon... jum'at barokah buat bolo°° PGP semua, semoga selalu dilimpahkan rizki kesehatan sehingga bisa menjalani semua aktifitas dengan semangat... tp jangan sampai lupa ngopi juga biar tambah greeeeeeeng... hihi..

Siapa yg tidak mengenal sosok beliau yg karismatik habis ini, dalam sebuah kisah beliau selama hidupnya tidak pernah memandang langit karena sangkek tawadlu'nya...pokoe ulama' yang sangat perlu kita contoh ahlaq ahlaqnya...

kini pgp ingin memberi sedikit kisah.. ya kisah yang semoga bisa menambah mahabbah kita, roso tresno kita pada beliau.. simak ya mas jhoooon...

 KH Dalhar ketika pengajian selalu ada satu orang yg berkuku panjang duduk di depan.. Namun setiap kali pengajian selesai, orang ini selalu hilang entah kemana.. Kemudian ada orang yg menanyakan kepada mbah Dalhar..

▶ "Mbah, sederek pundi meniko, kok menawi kulo ajg salaman mesti piyantun e sampun mboten wonten (mbah, itu orang mana, kok setiap saya mau salaman selalu sudah tidak ada)

▷ ".. Mbah Dalhar menjawab "kae ki wong mati (dia itu orang sudah meninggal dunia)"

Jadi yg mengaji kepada mbah Dalhar bukan hya orang yg masih hidup.. Wallahua'lam
____________________

Dalam kisah lain Suatu ketika jendral pasukan TNI kebingungan dalam mngusir belanda karena setiap strategi selalu gagal.. Akhirnya meminta anak buahnya untuk memintakan doa kepada kyai.. Kebetulan si anak buah ini meminta kepada KH Dalhar.. Kemudian mbah Dalhar menyuruh supaya pasukan si jenderal untuk menunggu di daerah magelang selatan di jalan magelang-jogja..

Dan alhasil.. Atas doa KH Dalhar.. Selama 3 hari.. Pasukan belanda setiap memasak makanan, makanannya tidak bisa matang.. Dan akhirnya pasukan belanda pergi ke jogja dan di sana sudah dihadang pasukan tentara indo hingga berhasil ditaklukan..
____________________

Dalam kisah yang lainnya lagi Suatu ketika pemerintah Kab Magelang kebingungan karena gunung merapi diprediksi akan meletus..

Maka dipanggillah ulama'2 besar2 seperti KH Hasyim Asy'ari dkk untuk mengadakan doa bersama.. Namun KH Dalhar tidak diundang.. Alhasil Romo agung KH Siradj Payaman marah2 kepada panitia..

▶ "Ra ndue adab, Kyai Sepuh Dalhar ora diaturi rawuh, parani saiki!!" ( tidak punya sopan santun, kiyai sepoh dalhar tidak diundang, jemput sekarang)

Akhirnya satu panitia sowan ke watucongol naik mobil sambil berkata dalam hati

◇ "wis ngundang kyai2 gede kok malah kon ngundang kyai kampung ki nopo" ( sudah mengundang kiyai2 besar kok malah disuruh ngundang kyai kampung kie kenapa)

Sampai di watucongol dan mnyampaikan maksud.. Mbah Dalhar enggan ikut naik mobil dan memilih untuk naik keret api.. Si panitia ini bergumam lagi dalam hati

◇ "karang kiai kampung, njur nk numpak spur ki le arep tekan nggon e jam piro".. (Dasar Kiai Kampung, kalo begini ntar jam berapa nyampeknya?) 

Sampai di lokasi.. Si panitia bilang ke mbah Siradj..

◇ "Kyai Dalhar ngersaaken nitih spur, duko ajg dugi jam pinten"..(Kai Dalahar, menginginkan naik kereta api, entah kapan beliau nyampek sini) 

Kyai Siradj menjawab

▶ "lha kae Kyai Dalhar lagi ndungoni majelis" (Lha itu Mbah Dalhar sedang memimpin mujahada).

ALFATIHAH....... 

Dikolak dari fb : paay paay

SEKIAN

Saya tutup dengan kata°° bijak dari tukang tambal ban ⇩⇩

Jangan sesekali meremehkan seseorang, karena terkadang orang kampung lebih bisa memuaskan dibanding orang kota. masih original 😄😄

↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓

Pengemis Guun Pasir - PG

0 Response to "KEKARISMATIKAN MBAH DALHAR WATUCONGOL"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP