325. TA’ZIYAH BEDA JENIS KELAMIN, BEDA STATUS & BEDA AGAMA


Oleh : ╰•⇨Abdul Qohhar >> Diskusi Santri 


1.   Ta’ziyah (ucapan bela sungkawa) gadis muda pada laki-laki bukan mahrom itu haram dalam segi permulaan dan jawaban.

2.   Ta’ziyah (ucapan bela sungkawa) laki-laki pada gadis bukan mahrom itu makruh dalam segi permulaan dan jawaban, sebagaimana kemakruhan ucapan salam.

3.   Ta’ziah orang yang meninggalkan sholat, orang yang memerangi, orang ahli bid’ah, orang murtad dan kafir harbi itu makruh walaupun pada orang muslim dan sebaliknya.

4.   Ta’ziah orang Islam pada kafir dzimmi itu tidak makruh dan sebaliknya, bahkan sunah bila diharapkan kafir dzimmi itu masuk Islam.

حاشيتا قليوبي وعميرة - (ج 4 / ص 439)
وَتَعْزِيَةُ الشَّابَّةِ لَأَجْنَبِيٍّ حَرَامٌ ابْتِدَاءً وَرَدًّا ، وَيُكْرَهُ لَهُ ابْتِدَاءً وَرَدًّا كَالسَّلَامِ ، وَيُكْرَهُ تَعْزِيَةُ تَارِكِ صَلَاةٍ وَمُحَارِبٍ وَمُبْتَدِعٍ وَمُرْتَدٍّ وَحَرْبِيٍّ وَلَوْ بِمُسْلِمٍ وَعَكْسُهُ ، لَا تَعْزِيَةُ مُسْلِمٍ بِذِمِّيٍّ وَعَكْسُهُ ، فَلَا يُكْرَهُ بَلْ مَنْدُوبَةٌ إنْ رُجِيَ إسْلَامُهُ .

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆

0 Response to "325. TA’ZIYAH BEDA JENIS KELAMIN, BEDA STATUS & BEDA AGAMA"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP