264. LMU TASAWUF / ILMU BATIN DAN HUKUM MEMPELAJARINYA


Oleh : ╰•⇨Abdul Qohhar >> Diskusi Santri 


1.     Ilmu tasawuf adalah ilmu yang mempelajari tentang beberapa kondisi hati untuk membersihkan batiniyah dan lahiriyah dari beberapa sifat buruk dan menghiasinya dengan beberapa sifat terpuji.

2.     Hukum belajar ilmu tasawuf: khilaf ulama’
a.     Imam Ghozali: berpendapat fardlu ‘ain.
b.    Selain Imam Ghozali: tafsil
1)    Tidak wajib belajar ilmu tasawuf: dengan sarat
a)     Bila telah dicukupi oleh Alloh: bagi seseorang yang telah diberi anugrah hati yang selamat dari beberapa penyakit hati (hati yang suci).
b)    Bila mampu membersihkan hati diri sendiri: bagi seseorang hatinya tidak semalat dari penyakit hati (hatinya tidak suci) namun mampu membersihkannya tanpa belajar ilmu tasawuf.
2)    Wajib belajar ilmu tasawuf: bila seseorang tidak mampu membersihkan hati diri sendiri dari beberapa penyakit hati tanpa belajar ilmu tasawuf.

3.     Beberapa penyakit hati yang haram diantaranya:
a.     Membanggakan diri sendiri (al-‘ujbu): menganggap diri sendiri lebih agung dari pada orang lain dan cenderung pada pemujaan diri sendiri yang disertai kelupaan menyandarkannya pada Alloh Dzat Pemberi nikmat.
b.    Iri hati (al-hasad): kebencian terhadap nikmat Alloh pada orang lain dan merasa senang kehilangan nikmat itu darinya atau berharap hilang nikmat dari orang lain.
c.      Sombong (al-kibru): menentang kebenaran atau  meremehkan orang lain.
d.    Pamer (riya’): menunjukkan amal baik pada orang lain untuk mendapatkan derajat atau memperoleh duniawi atau beramal baik karena selain Alloh atau menghendaki sesama manusia dengan ibadah taat pada Alloh.


تحفة المحتاج في شرح المنهاج - (ج 28 / ص 42): وَصُوفِيٌّ وَإِنْ كَانَ التَّصَوُّفُ الْمَبْنِيُّ عَلَيْهِ تَطْهِيرُ الْبَاطِنِ وَالظَّاهِرِ مِنْ كُلِّ خُلُقٍ دَنِيءٍ وَتَحْلِيَتُهُمَا بِكُلِّ كَمَالٍ دِينِيٍّ هُوَ أَفْضَلُ الْعُلُومُ لِمَا مَرَّ مِنْ الْعُرْفِ
الأشباه والنظائر - شافعي - (ج 1 / ص 652): و أما علم القلب  و معرفة أمراضه من الحسد و العجب و الرياء و نحوها  فقال الغزالي : إنها فرض عين  و قال غيره : من رزق قلبا سليما منها كفاه و إلا فإن تمكن من تطهيره بغيره أزمة و إن لم يتمكن إلا بتعلمه وجب
شرح كتاب غاية البيان شرح ابن رسلان - (ج 1 / ص 36):   وعلم داء للقلوب مفسد لها ليحترز عنه وهو علم أمراضها التى تخرجها عن الصحة فيعلم حدها وسببها وعلاجها كالعجب وهو استعظام الآدمي نفسه على غيره والركون إليها مع نسيان أضافتها للمنعم والكبر وهو أن يتعدى الشخص طوره وقدره وهو خلق في النفس وأفعال تصدر من الجوارح وداء الحسد وهو كراهتك نعمة الله على غيرك ومحبتك زوالها عنه وما ذكره المصنف نقله في الروضة عن الغزالي ثم قال وقال غيره فيه تفصيل فمن رزق قلبا سليما من هذه الامراض المحرمة كفاه الله ذلك ومن لم يسلم وتمكن من تطهير قلبه بغير تعلم العلم المذكور وجب تطهيره وأن لم يتمكن إلا بتعلمه وجب اه

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆

0 Response to "264. LMU TASAWUF / ILMU BATIN DAN HUKUM MEMPELAJARINYA"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP