MBAH BARID SOLO



☆ MBAH BARID SOLO ☆

Assalamu'alaikun mas jhooon... grimis°° gini hawane nguantok poool, karena tuntutan kerja jadi gak boleh ngantok downg, solusi paling mantep yang pasti meneguk kopi hitam dan beberapa batang apace... dan disambi baca kisah niki..

BELIAU adalah "Muhammad Mubarrid bin Aslam bin Ahmad bin Akram" dari solo. Sejak menikah sampai hari ini, keduanya tinggal di daerah Banaran, Grogol, Sukoharjo.

Pada usia yang sudah se-sepuh (tua) itu, beliau memiliki banyak keistimewaan, beliau tidak pernah mengenakan kacamata dalam membaca kitab-kitab yang tulisannya sering dicetak kecil, bahkan sampai sekarang. Di usia se-sepuh itu, beliau juga masih sering mengisi pengajian-pengajian, ceramah-ceramah, khotbah-khotbah, serta majelis ta’lim di sekitar kota Solo secara rutin. Pergi kemana-mana keliling Solo, beliau sering bersepeda. Kadang, inilah yang membuatku khawatir karena takut kalau-kalau nantinya kesrempet kendaraan, mengingat usia beliau yang sudah sangat sepuh.Beliau juga pandai dalam bahasa Inggris. Dan Masih banyak keistimewaan-keistimewaan beliau lainnya.

Semangat beliau dalam berbagi ilmu sangat luar biasa. Itulah kenapa majelis-majelis ta’lim yang beliau isi lebih banyak ke lokasi-lokasi kumuh, daerah-daerah ‘merah’, kaum marjinal, dan panti-panti sosial (baik panti jompo, panti asuhan, kaum tuna netra, dll) karena sejak muda beliau memang lebih dekat kepada kaum-kaum marjinal dibanding kaum bangsawan atau konglomerat selama tinggal di kawasan Kauman-Solo yang saat itu terkenal sebagai pusat para saudagar kaya raya di Solo. Pernah suatu ketika, aku diajak mbah Barid ke sebuah panti untuk mengisi pengajian tafsir. Aku hampir meneteskan air mata saat melihat 90% jamaah masjid adalah kaum tuna netra yang sangat bersemangat mencari ilmu.

Diantara guru-guru yang membuat mbah Barid menguasai bahasa Arab antara lain KH. Masyhud – Keprabon, Kyai Suryani – Klaten, dan kyai Dahlan. Kepada kyai Masyhud, beliau belajar Nahwu Shorof dan ilmu keislaman lainnya. Kyai Masyhud adalah ayah dari dokter Fathony (dokter jantung – Solo). Beliau juga belajar kepada Kyai Suryani atau yang sering disebut kyai I’rob yang tinggal di Tempursari – Klaten.

LAHUL FATIHAH...

SEKIAN

Saya tutup dengan kata°° bijak dari tukang tambal ban ⇩⇩

Orang jawa menamai orang yang berilmu dengan sebutan SESEPOH ( Soyo Disesep Soyo Ampoh )

0 Response to "MBAH BARID SOLO"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP