249. ORANG MUKALLAF TIDAK MENJALANKAN SHOLAT DAN PUASA WAJIB


▷▷ Abdul Qohar >> DISKUSI SANTRI

1   Hukum meninggalkan sholat:
  • Maksiat : bila sebab malas tapi beri’tikad wajib sholat.
  • Kufur: bila sebab mengingkari kewajiban sholat, walaupun tetap  melakukan sholat. Begitu pula setiap hukum yang telah diketahui dalam agama secara pasti, maka mengingkarinya saja menyebabkan kufur.
2.   Hukum mengqodlo’ sholat dan puasa wajib yang ditinggalkan atau dikerjakan tanpa memenuhi sarat atau rukun:
  • Wajib qodlo’ secara segera: bila meninggalkan sholat tanpa udzur. Walaupun tidak sholat selama bertahun-tahun tetap wajib qodlo’ semua, tidak ada rukhshoh (dispensasi). Wajib menggunakan semua waktu untuk qodlo’ sampai selesei selain waktu yang dibutuhkan untuk aktifitas lain yang wajib seperti tidur yang istirahat atau bekerja untuk menafkahi anggota keluarga yang wajib dinafkahi. Haram melakukan ibadah fardlu kifayah dan ibadah sunah. Namun sholat sunahnya sah menurut Imam Ibnu Hajar dan tidak sah menurut Imam Az-Zarkasyi.
  • Wajib qodlo’ secara perlahan-lahan: bila meninggalkan sholat sebab udzur  dari golongan a’dzar shohihah (bukan a’dzar yang bathilah) seperti tidur dan lupa yang tidak ceroboh. Apabila melakukan sholat sunah maka sah dan tidak haram.
  • Tidak wajib qodlo’: menurut pendapat Ibnu Hazm Adz-Dhohiri namun ini pendapat yang bertentangan dengan ijma’ ulama’ dan pendapat yang batil.
3.    Orang mati memiliki qodlo’ sholat dan puasa wajib: terdapat khilaf ulama’ sbb.
  • Tidak wajib diqodloi: namun boleh diqodloi oleh wali, famili atau orang lain dengan izin wali.
  • Wajib diqodloi : oleh walinya bila mayit meninggalkan harta pusaka (tirkah).
  • Membayar fidyah: memberikan bahan makanan pokok satu mud (675 gram beras) untuk setiap sholat qodlo’.
ref : 

1.   فتح المعين -  ( ويقتل ) أي ( المسلم ) المكلف الطاهر حدا بضرب عنقه ( إن أخرجها ) أي المكتوبة عامدا ( عن وقت جمع ) لها إن كان كسلا مع اعتقاد وجوبها ( إن لم يتب ) بعد الاستتابة وعلى ندب الاستتابة لا يضمن من قتله قبل التوبة لكنه يأثم  ويقتل كفرا إن تركها جاحدا وجوبها فلا يغسل ولا يصلى عليه  ( ويبادر ) من مر ( بفائت ) وجوبا إن فات بلا عذر فيلزمه القضاء فورا  قال شيخنا أحمد بن حجر رحمه الله تعالى والذي يظهر أنه يلزمه صرف جميع زمنه للقضاء ما عدا ما يحتاج لصرفه فيما لا بد منه وأنه يحرم عليه التطوع ويبادر به ندبا إن فات بعذر كنوم لم يتعد به ونسيان كذلك
2.   فتح المعين - : ( تنبيه ) من مات وعليه صلاة فرض لم تقض ولم تفد عنه وفي قول أنها تفعل عنه أوصى بها أم لا حكاه العبادي عن الشافعي لخبر فيه وفعل به السبكي عن بعض أقاربه (فائدة ) من مات وعليه صلاة فلا قضاء ولا فدية  , وفي قول كجمع مجتهدين : أنها تقضى عنه لخبر البخاري وغيره ومن ثم اختاره جمع من أئمتنا وفعل به السبكي عن بعض أقاربه ونقل ابن برهان عن القديم : أنه يلزم الولي إن خلف تركه أن يصلي عنه كالصوم  وفي وجه عليه كثيرون من أصحابنا أنه يطعم عن كل صلاة مدا  وقال المحب الطبري يصل للميت كل عبادة تفعل عنه واجبة أو مندوبة.
3.   إحياء علوم الدين - (ج 4 / ص 35)
فان كان قد ترك صلاة أو صلاها فى ثوب نجس أو صلاها في بنية غير صحيحة لجهله بشرط النية فيقضيها عن آخرها فإن شك في عدد ما فاته منها حسب من مدة بلوغه وترك القدر الذى يستيقن انه أداه ويقضى الباقى وله أن يأخذ فيه بغالب الظن ويصل اليه على سبيل التحرى والاجتهاد
4.   المجموع شرح المهذب - (ج 3 / ص 71)
 (فرع) اجمع العلماء الذين يعتد بهم علي ان من ترك صلاة عمدا لزمه قضاؤها وخالفهم أبو محمد على ابن حزم فقالا لا يقدر علي قضائها ابدا ولا يصح فعلها ابدا قال بل يكثر من فعل الخير وصلاة التطوع ليثقل ميزانه يوم القيامة ويستغفر الله تعالي ويتوب وهذا الذى قاله مع أنه مخالف للاجماع باطل من جهة الدليل

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

☆▷▷ Kalau Belum Jelas, Ada Yang Ditanyakan Atau Koreksi Kesalahan Langsung Menuju Tempat Ngopi & Cakruan Kami, Cukup Klik Disini ◁◁☆

0 Response to "249. ORANG MUKALLAF TIDAK MENJALANKAN SHOLAT DAN PUASA WAJIB"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP