NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (14)


★ NGAJI POSO ★
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔
KITAB : Mabadi Awwaliyyah karya al-Ustadz Abdul Hamid Hakim

BAGIAN KE-EMPAT BELAS (14)
▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Asalamu'alaikum mas jhooon... monggo kito teruskan pembahasan selanjutnya ...memasuki kaidah ke 3 , monggo ⇩

Kaedah ketiga

ما يشترط التعرض له جملة ولا يشترط تعيينه تفصيلا اذا عينه واخطاء ضر

Sesuatu yang disyaratkan ditampakkan secara global dan tidak disyaratkan ta’yin (menentukan), apabila ditentukan dan ternyata salah, maka itu berbahaya.
Kaedah tersebut merupakan cabang dari kaedah “al-Umuru bi Maqasidiha”. Contoh pengplikasiannya adalah:
a) Dalam sholat berjamaah bagi makmum yang disyaratkan hanyalah niat berjamaah (menampakkan secara global), apabila seseorang yang bermakmum itu menentukan imamnya ternyata salah, maka itu dapat membuat tidak sah bermakmumnya. Contoh orang berniat makmum pada Umar, ternyata imamnya adalah Zaid.
b) Orang yang menshalati mayit tidak disyaratkan menentukan siapa mayitnya, cukup dengan shalat atas mayit ini. Lalu jika ada seseorang niat menshalati mayit yang namanya Khalid ternyata bukan Khalid atau niat menshalatkan lelaki ternyata mayitnya wanita maka tidak sah shalatnya.
c) Menshalatkan jenazah itu tidak wajib menentukan berapa jenazah yang di shalati , jika ada orang yang meyakini menshalati orang 10 ternyata jumlah jenazah lebih dari 10 maka ia mengulangi shalatnya atas seluruh jenazah, karena di dalamnya terdapat jenazah yang tidak dishalatkan.
d) Tidak disyaratkan menentukan bilangan rakaat dalam niat shalat, tapi jika seseorang niat shalat dzuhur lima ata tiga maka tidak sah.

القاعدة الثالثة
ما يشترط التعرض له جملة ولا يشترط تعيينه تفصيلا اذا عينه واخطاء ضر.
الامثلة.
منها: نوي الاقتداء بزيد فبان عمر لم يصح اقتداؤه لانه ينفي الاقتداء بعمر وبنية الاقتداء بزيد فكان مقتديا بعمر وبلا النية وفي الجماعة لا يشترط تعيين الامام وإنما يشرط فيها نية الجماعة لا غير.
منها: نوي الصلاة علي بكر فبان خالدا او على رجل فبان امرة او عكسه لم تصح. وفي الصلاة لا يشترط تعيين الميت وتكفي فيها نية الصلاة علي الميت فقط.
منها: من صلى علي موتى وفي هذه الصلاة لا يجب تعيين عددهم فلو اعتقدهم عشرة فبانوا اكثر اعاد الصلاة علي الجميع لان فيهم من لم يصل عليه وهو غير معين.
منها: لا يشترط تعيين عدد الركعات فلو نوي الظاهر خميا او ثلاثا لم يصح.

Kaedah ke empat

ما لا يشترط التعرض له جملة ولا تفصيلا إذا عينه واخطأ لم يضر

“Sesuatu yang tidak disyaratkan ditampakkan secara global juga secara rinci, bila salah dalam menentukannya maka tidak berbahaya”.
Kaedah ini juga masih merupakan cabang dari kaedah “al-Umuru bi Maqasidiha”. Contoh pengaplikasian kaedah ini adalah:
a) Salah dalam menentukan tempat shalat, seperti orang yang niat shalat dzuhur di Mesir sedangkan tempat ia shalat itu ada di Makkah, maka tidak batal shalatnya. Karena niatnya sudah ada dan menentukan tempat shalat itu tidak ada kaitannya dengan niat shalat baik ssecara global maupun secara rinci.
b) Salah dalam menentukan zaman, seperti orang niat shalat ashar pada hari kamis tertanya hari tersebut hari jumat, maka tidak batal shalatnya.
c) Imam yang salah dalam menentukan orang yang bermakmum dengannya, seperti orang niat shalat menjadi imam atas Zaid, ternyata orang yang bermakmum itu Umar maka tidak batal shalatnya. Karena imam tidak syaratkan bagi seorang imam menentukan makmum dan juga tidak wajib baginya niat menjadi imam.

القاعدة الرابعة
ما لا يشترط التعرض له جملة ولا تفصيلا إذا عينه واخطأ لم يضر.
منها: الخطاء تعيين مكان الصلاة فلو نوي صلاة الظهر في مصر وكان في مكة لم تبطل صلاته لان النية موجودة, وتعيين المكان ليس له ارتباط بنية الصلاة جملة ولا تفصيلا.
منها: الخطاء في تعيين زمان فلو نوي صلاة العصر يوم الخميس فبان يوم الجمعة لم تبطل صلاته.
منها: الخطاء في تعيين الامام من يصلى خلفه, فلو نوي إماما عن زيد فبان عمر لم يضر لانه لا يشترط علي الإمام تعيين المأموم ولا ينة الإمامة.

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

☆ SEKIAN & SEMOGA BERMANFAAT ☆

Saya tutup dengan kata°° bijak dari tukang tambal ban ⇩

kolektor barang antik adalah suami yang paling baik, karena semakin tua istrinya, semakin ia mencintainya.

0 Response to "NGAJI POSO : MABADI AWALIYYAH (14)"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP