KAROMAH SEORANG BUDAK


★◈KAROMAH SEORANG BUDAK◈★
﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏﹏

Assalamu'alaikum jhooon.. selamat ngopi dan nyantai bagi yang santai, selamat beraktifitas bagi yg beraktifitas, sambil beraktifitas monggo kita simak kisah dari kitab annawadir ini mongho... Semoga menginspirasi.⇩⇩

Dikisahkah ada seorang laki°° yg membeli budak. Saat bertransaksi si budak memberikan syarat. Ia berkata:

■▷ "Wahai Tuanku, q ingin engkau memenuhi 3 syarat:

◈1. Engkau tak melarangku menunaikan shalat ketika telah tiba waktunya.
◈2. Aku melayanimu siang hr, jangan sibukkan q saat mlm hari.
◈3. Sediakan rumah kosong untuk q, dan tak ada seorangpun yg memasukinya selainku".

●▷ Pembeli: "Oke, q penuhi, liatlah rumah-rumah itu".

Si Budak mengitari rumah-rumah yg ditawarkan lalu ia memilih rmh yg kosong.

●▷ Tuan: "Kenapa engkau memilikih yg kosong?"

■▷ Budak: "Wahai tuanku, apakah kau tak mengetahui jika rumah kosong itu bagai taman yg penuh dg ketenangan tk bermunajat pd Allah".

Kebiasaan tuan tersebut, pd beberapa mlm ia mengadakan perkumpulan dan untuk minum-minum dan berdendang ria, saat waktu memasuki dini hari para kawan°°nya telah pulang, Ia memutari rumah-rumah miliknya, seketika matanya tertuju pd kamar si budak yg di dalamnya terdapat sebuah cahaya bagai obor yg bergantung di langit, si budak itu sedang sujud bermunajat pd Allah, Ia berkata:

■▷ "Tuhanku, pd siang hr q harus melayani tuanku, jika tidak niscaya q akan menyibukkan diri melayanimu di siang dan malamku, maafkanlah q wahai tuhanku".

Sang tuan terus melihati budak itu hingga terbit fajar dan cahaya dari langit itu hilang, lalu ia menceritakan hal tersebut pd isterinya.

Pada malam berikutnya, si tuan dan istrinya berdiri di kamar untuk melihat budak tersebut, mereka melihat cahaya dr langit bagaikan obor yg di gantung di langit sedangkan si budak sedang sujud dan bermunajat sampi terbit fajar.

Pada pagi hr nya si tuan dan isterinya memanggil budak, mereka berkata:

●▷ "Engkau merdeka karena Allah, engkau bisa melayani Dzat yg mana engkau minta maaf pd-Nya karna tidak dapat melayani-Nya (Allah)". Keduanya menceritakan apa yg mereka lihat tentang kemulyaannya disisi Allah.

Setelah mendengar hal itu, si budak mengangkat kedua tangannya seraya berkata:

■▷ "Wahai Tuhanku, q meminta engkau tidak membuka rahasiaku, tidak menampakkan keadaanku, jika engkau membukanya maka ambillah nyawaku pada-Mu". Seketika budak itu tersungkur, dan wafat.

♚ Disadur dr kitab An-Nawadir

SEKIAN

Saya tutup dengan kata°° bijak dari tukang tambal ban ⇩⇩

berat sama dipikul ringan sama di jinjing, dan tidak akan terasa berat kl sama°° mengbanginya, duwur obah ngisor melu ngimbangi.

0 Response to "KAROMAH SEORANG BUDAK "

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP