87. HUKUM MECERITAKAN PENGALAMAN SEPIRITUAL PADA ORANG LAIN


PERTANYAAN :

Jack Shona Al Chilmi > ‎CAFFEBI DALWA

saya juga ingin tanya, ini serius... pernah sruwing°° dengar tidak boleh menceritakan pengalaman sepiritualnya keppada orang lain, seperti rasa indah saat dzikir at yang laiinnya, beggitu juga tidak boleh menceritakan kepada orang lain kettika mimpi berttemu rosululloh... apa itu benar
minta pencerahannya gus

JAWAB :

البيهقي

mungkin ketidak bolehan menceritakan pengalaman spiritual karena membahayakan orang awam seperti ucapan al-Hallaj : ana al-Haq dan Abu Yazid al-Busthami: Subhani, subhani.

وأما الشطح فنعني به صنفين من الكلام أحدثه بعض الصوفية
أحدهما الدعاوي الطويلة العريضة في العشق مع الله تعالى والوصال المغني عن الأعمال الظاهرة حتى ينتهي قوم إلى دعوى الاتحاد وارتفاع الحجاب والمشاهدة بالرؤية والمشافهة بالخطاب فيقولون قيل لنا كذا وقلنا كذا ويتشبهون فيه بالحسين بن منصور الحلاج الذي صلب لأجل إطلاقه كلمات من هذا الجنس ويستشهدون بقوله أنا الحق وبما حكي عن أبي يزيد البسطامي أنه قال سبحاني سبحاني وهذا فن من الكلام عظيم ضرره في العوام حتى ترك جماعة من أهل الفلاحة فلاحتهم وأظهروا مثل هذه الدعاوي فإن هذا الكلام يستلذه الطبع إذ فيه البطالة من الأعمال مع تزكية النفس بدرك المقامات والأحوال فلا تعجز الأغبياء عن دعوى ذلك لأنفسهم ولا عن تلقف كلمات مخبطة مزخرفة ومهما أنكر عليهم ذلك لم يعجزوا عن أن يقولوا هذا إنكار مصدره العلم والجدال والعلم حجاب والجدل عمل النفس وهذا الحديث لا يلوح إلا من الباطن بمكاشفة نور الحق فهذا ومثله مما قد استطار في البلاد شرره وعظم في العوام ضرره حتى من نطق بشيء منه فقتله أفضل في دين الله من إحياء عشرة

tak golek²i gk ktm jeh, iki masuk ora?

وقال سهل التستري رضي الله عنه للعالم ثلاثة علوم علم ظاهر يبذله لأهل الظاهر وعلم باطن لا يسعه إظهاره إلا لأهله وعلم هو بينه وبين الله تعالى لا يظهره لأحد
وقال بعض العارفين إفشاء سر الربوبية كفر
وقال بعضهم للربوبية سر لو أظهر لبطلت النبوة وللنبوة سر لو كشف لبطل العلم وللعلماء بالله سر لو أظهروه لبطلت الأحكام
--------------
والمشاهدة التي تحصل بانشراح الصدر وانفساحه وإشراق نور الحق فيه إذ ذاك الشرح هو المراد بقوله تعالى {فمن يرد الله أن يهديه يشرح صدره للإسلام}
وبقوله عز وجل {أفمن شرح الله صدره للإسلام فهو على نور من ربه}
وكما أن اللب نفيس في نفسه بالإضافة إلى القشر وكله المقصود ولكنه لا يخلو عن شوب عصارة بالإضافة إلى الدهن المستخرج منه فكذلك توحيد الفعل مقصد عال للسالكين لكنه لا يخلو عن شوب ملاحظة الغير والالتفات إلى الكثرة بالإضافة إلى من لا يشاهد سوى الواحد الحق
فإن قلت كيف يتصور أن لا يشاهد إلا واحد وهو يشاهد السماء والأرض وسائر الأجسام المحسوسة وهي كثيرة فكيف يكون الكثير واحدا فاعلم أن هذه غاية علوم المكاشفات
وأسرار هذا العلم لا يجوز أن تسطر في كتاب فقد قال العارفون إفشاء سر الربوبية كفر

→ilmu dzahir diberikan pada ahlu dzahir, ilmu batin tidak akan mampu ditampakkan kecuali pada ahlinya, ilmu yang berhubungan antara ia dan Allah saja maka tidak boleh menampakkannya pada seorangpun. Sebagian al-Arif billah berkata: "Membuka rahasia sifat ketuhanan itu adl kufur". Seperti org yg mendapat isyarat akan terjadi musibah, maka tidak boleh diberitahukan pd org lain, dalam istilah jawanya "ndisik i kerso".

→ Tingkat tauhid tertinggi (yg meng-esakan dalam arti tidak hadir dalam kesaksiannya selain satu yaitu Allah, ia tidak melihat segala hal dr segi mereka banyak melainkan itu semua satu hanya Allah.
فإن قلت كيف يتصور أن لا يشاهد إلا واحد وهو يشاهد السماء والأرض وسائر الأجسام المحسوسة وهي كثيرة فكيف يكون الكثير واحدا فاعلم أن هذه غاية علوم المكاشفات
وأسرار هذا العلم لا يجوز أن تسطر في كتاب

(tentang tauhid tertinggi yg hanya menyaksikan semua itu satu yaitu Allah) jika engkau mengatakan bagaimana bisa tergambar bahwa ia hanya menyaksikan satu sedangkan ia menyaksikan langit, bumi dan jisim² yg dapat dilihat, semua itu banyak bagaimana mungkin yg banyak itu menjadi satu. Ketahuilah bahwa ini adl puncak dari ilmu mukasyafah dan rahasia ilmu ini tidak boleh dituliskan dalam kitab.

dalam istilah sufi hal semacam ini dikenal dg 'wahdatus syuhud' yang kemudian melahirkan paham wahdatul wujud.

Wallahu A'lam..

Sebagian dr adab seorang murid (khusus pd dirinya) menutupi suatu rahasia yg ia lihat baik dalam keadaan tidur/terjaga dg cara tidak menceritakan kecuali pada gurunya (mursyid), sebab menampakkan rahasia dapat menghalau dr sisi Allah yg haq dan menutup pintu murid seperti orang yg mengaku memcapai suatu maqam yg belum ia capai maka ia terhalang sampai ke maqam tersebut sebagai hukumannya.
Jika memang ia harus menceritakan rahasia yg ia lihat (pengalaman spiritual) supaya diambil faedah dr nya ilmu/adab maka hendaknya disampaikan dg cara yg sekiranya para hadirin tidak faham bahwa seorang murid itu dilihatkan rahasia. Seperti: aku mendengar org² fakir berkata ....

تنوير القلوب 533
ومنها ان يكتم ما يراه من الاسرار مناما او يقظة بان لا يقول لاحد الا لشيخه فان ذلك طرد عن حضرة الحق وسد لباب المريد كما ان من ادعي مقاما لم يصل اليه حرم الوصول اليه عقوبة، وان كان ولا بد من ذكر السر ليستفاد منه علم او ادب فليقل سمعت بعض الفقراء يقول كذا بطريق بعيدة بحيث لا يفهم الحاضرون انه يوري بقوله عن نفسه.

Keterangan di atas tidak jauh beda dg yg disampaikan imam Ghazali dlm ibarot sebelumnya yg sy unggah. Sirri rububiyyah bukan hanya ilham tp pengalaman spiritula jg tercakup di dalamnya.

secara umum kaidahnya begini:

وأن الرائي لا ينبغي له أن يقص رؤياه إلا على عالم أو ناصح أوذي رأي من أهله

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "87. HUKUM MECERITAKAN PENGALAMAN SEPIRITUAL PADA ORANG LAIN"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP