150. KENAPA SALAM DIAKHIR SHOLAT


PERTANYAAN :

Sholehuddin Bin Sholihin > ‎CAFFEBI DALWA

Assalamualaikum,wr,wb? Ada apa dengan Assalamualaikum?kenapa setiap kali kita melakukan sholat ditutup dengan kalimat Assalamualaikum bukan dengan kalimat yg lain?monggo didiskusikan...?

JAWAB :

Mukhammad Naafi'u Akbar

Dalam kitab MAJMU' SYARAH MUHADZDZAB lil imam nawawi 3/456 disebutkan :

، ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺑﺎﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﻋﻦ ﻳﻤﻴﻨﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻝﺣﻔﻈﺔ ، ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺑﺎﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﻋﻠﻰ ﻳﺴﺎﺭﻩ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ ، ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﺑﺎﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻡﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻣﻴﻦ ﻣﻦ ﻧﺎﺣﻴﺘﻪ ﻓﻲ ﺻﻔﻪ ﻭﺭﺍﺋﻪ ﻭﻗﺪﺍﻣﻪ ، ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺑﺎلثانية ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻣﻴﻦ ﻣﻦ ﻧﺎﺣﻴﺘﻪ ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻗﺪﺍﻣﻪ ﻧﻮﺍﻩ ﻓﻲ ﺃﻱ ﺍﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺘﻴﻦ ﺷﺎﺀ ، ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﻨﻔﺮﺩ ﺑﺎﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ
ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ ، ﻭﺑﺎﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔظة ، ﻭﺍﻷﺻﻞ ﻓﻴﻪ ﻣﺎ ﺭﻭﻯ ﺳﻤﺮﺓ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ﺃﻣﺮﻧﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻥ ﻧﺴﻠﻢ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻔﺴﻨﺎ ﻭﺃﻥ ﻳﺴﻠﻢ ﺑﻌﻀﻨﺎ ﻋﻠﻰ [ ﺹ] 456 : ﺑﻌﺾ

Dan niat imam dgn salam yg pertama yaitu niat keluar dari sholat dan salam kepada org yg ada di sebelah kanannya dan kpd malaikat khafadhoh. dan salam kedua kepada orang yg di sebelah kirinya dan malaikat khafadhoh.
▪Dan makmum dgn salam pertamanya niat keluar dari sholat dan memberi salam kpd imam, malaikat khafadhoh, dan orang mukminin dari arah sekitarnya di dalam shofnya baik belakangnya maupun depannya.
▪Dan saat salam yg kedua niat salam kepada malaikat khafadhoh dan orang mukminin dari arah sekitarnya.
▪Dan jika imam berada di depannya maka dia niat di dalam salam yg berapa saja dia mau. dan orang yg solat sendirian niat dgn salam yg pertama keluar dari sholat dan kpd malaikat khafadhoh. dan salam kedua niat kepada hanya kpd malaikat khafadhoh.
▪Hukum asal demikian adalah hadist yg diriwayatkan oleh Samurah r.a " Nabi memerintahkan kepada kami untuk beruluk salam kepada diri kami dan untuk beruluk salam sebagian dari kami kepada sebagian yg lain.

البيهقي

urun jawab ..

Kenapa solat diakhir dg salam? Terdapat sebuah hadis demikian:

عن سعد - رضي الله عنه - قال: كنت أرى رسول الله - صلى الله عليه وسلم - يسلم عن يمينه وعن يساره، حتى أرى بياض خده. رواه مسلم

Dari Sa'd ra berkata: Aku melihat Rasulullah saw salam ke kanan dan kiri sehingga aku melihat putih pipinya. (HR. Muslim)

مفتاح الصلاة الطهور وتحريمها التكبير وتحليلها التسليم. رواه الترمذي

Pembukan sholat adalah sesuci, yang mengharamkan shalat itu takbir, yang menghalalkan sholat itu salam. (HR. At-Tirmidzi)

maksud dr "yang menghalalkan solat adalah salam" yaitu salam menghalalkan sesuatu yang sebelumnya haram dilakukan dalam shalat menjadi halal, karena ia telah keluar dr solat. Al-Hafidz ibn Atsir dalam kitab An-Nihayah mengatakan orang yang solat dg takbir dan masuk shalat menjadi haram baginya melakukan perbuatan & ucapan yang tidak masuk perbuatan / ucapan shalat, maka dari itu takbir disebut takbiratul ihram (tahrim) karena dg takbir itu org yang solat terlarang melakukan perbuatan & ucapan selain yang dibaca / dilakukan saat solat.
Adapun taslim / salam itu menjadikan org yang solat halal melalukan apa yang sebelumnya haram dia ucapkan & dia lakukan saat solat.

تحفة الأحوذي

وتحليلها التسليم التحليل جعل الشيء المحرم حلال وسمي التسليم به لتحليل ما كان حراما على المصلي لخروجه عن الصلاة وهو واجب وقال الحافظ بن الأثير في النهاية كأن المصلي بالتكبير والدخول في الصلاة صار ممنوعا من الكلام والأفعال الخارجة عن كلام الصلاة وأفعالها فقيل للتكبير تحريم لمنعه المصلي من ذلك ولهذا سميت تكبيرة الإحرام أي الإحرام بالصلاة وقال قوله تحليلها التسليم أي صار المصلي بالتسليم يحل له ما حرم عليه بالتكبير من الكلام والأفعال الخارجة عن كلام الصلاة وأفعالها كما يحل للمحرم بالحج عند الفراغ منه ما كان حراما عليه انتهى

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "150. KENAPA SALAM DIAKHIR SHOLAT"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP