148. HUKUM ISTIQOROH DENGAN AL-QURAN


PERTANYAAN :

Yakin Kin Yakin > ‎CAFFEBI DALWA

gus mohon pencerahan nya tentag tafsir alqur,an surat qishos juz 20 ayat 9. soale sya udh shlt istikhoroh 6rokaat trus pilih quran tengah2 dpt ayt itu. sya ragu dengan tunangan sya

JAWAB :

ابو الازكى

Istiqoroh dengan alquran hukumnya harom

وَمِنْهُ كَرَاهَةُ إرْسَالِ الرَّسُولِ الْوَخْشَ لِقَضَاءِ الْحَوَائِجِ أَوْ كَرَاهَةُ طَلَبِ الْحَوَائِجِ مِمَّنْ كَانَ قَبِيحَ الْوَجْهِ حَذَرًا مِنْ عَدَمِ قَضَائِهَا فَهَذَا قَالَ قَبِيحٌ مُبَاحٌ، وَالْمُتَرَدِّدُ بَيْنَهُمَا هُوَ الْفَأْلُ الْحَرَامُ الَّذِي بَيَّنَهُ الطُّرْطُوشِيُّ فِي تَعْلِيقِهِ فَقَالَ: إنَّ أَخْذَ الْفَأْلِ مِنْ الْمُصْحَفِ.
وَضَرْبَ الرَّمْلِ وَالْقُرْعَةِ، وَالضَّرْبَ بِالشَّعِيرِ، وَجَمِيعَ هَذَا النَّوْعِ حَرَامٌ؛ لِأَنَّهُ مِنْ بَابِ الِاسْتِقْسَامِ بِالْأَزْلَامِ لِأَزْلَامِ أَعْوَادٍ كَانَتْ فِي الْجَاهِلِيَّةِ مَكْتُوبٌ عَلَى أَحَدِهَا افْعَلْ، وَعَلَى الْآخَرِ لَا تَفْعَلْ، وَعَلَى الْآخَرِ غُفْلٌ فَيَخْرُجُ أَحَدُهَا، فَإِنْ وَجَدَ عَلَيْهِ افْعَلْ أَقْدَمَ عَلَى حَاجَتِهِ الَّتِي يَقْصِدُهَا أَوْ لَا تَفْعَلْ أَعْرَضَ عَنْهَا، وَاعْتَقَدَ أَنَّهَا ذَمِيمَةٌ أَوْ خَرَجَ الْمَكْتُوبُ عَلَيْهَا غُفْلٌ أَعَادَ الضَّرْبَ فَهُوَ يَطْلُبُ قِسْمَهُ مِنْ الْغَيْبِ بِتِلْكَ الْأَعْوَادِ فَهُوَ اسْتِقْسَامٌ أَيْ طَلَبُ الْقَسْمِ، الْجَيِّدُ يَتْبَعُهُ وَالرَّدِيء يَتْرُكُهُ، وَكَذَلِكَ مَنْ أَخَذَ الْفَأْلَ مِنْ الْمُصْحَفِ أَوْ غَيْرِهِ إنَّمَا يَعْتَقِدُ هَذَا الْمَقْصِدَ إنْ خَرَجَ جَيِّدًا اتَّبَعَهُ أَوْ رَدِيئًا اجْتَنَبَهُ فَهُوَ عَيْنُ الِاسْتِقْسَامِ بِالْأَزْلَامِ الَّذِي وَرَدَ الْقُرْآنُ بِتَحْرِيمِهِ فَيَحْرُمُ اهـ

الفروق للقرافي

(intine kirang langkung mekaten) begitu juga seseorang yang menentukan harapan baik dr mushaf atau selainnya, ia hanya meyakini tujuan ini; jika keluarnya baik maka ia akan mengikutinya jika buruk maka akan menjauhinya. Hal demikian merupakan bentuk istisqam bil azlam yang diharamkan oleh al-Qur'an

البيهقي

kalo seseorang wudu' trs membuka al-Qur'an cocok dg ayat, lalu mengait²kan dg kejadiannya, seperti penanya di atas menafsirkan ayat dg kejadian yang dialami. Apa benar perilaku demikian ini? al-Qur'an ayat nya mulia, tp dibuat sihir pun bisa, bukankah demikian tadz?

menemukan bayi dikaitkan dg menikah.

imam ramli mengatakan tafaul dengan al-Qur'an boleh,
imam ibn hajar mengatakan makruh.

فتاوي الرملي ج ١ ص ٢٩

(سئل) هل يجوز أخذ الفأل من المصحف أو لا؟
(فأجاب) بأنه يجوز ذلك

فتاوي الحديثية ١٦٤

قال الزركشي ويسن تطييبه وجعله على كرسي وتقبيله انتهى ويكره أخذ الفأل منه

tafaul ; berharap baik. Kalo misalkan menemukan ayat yang tafsirannya buruk pada kejadian yang dialaminya. Seperti niat menikah lha pas buka al-Qur'an pas fir'aun tenggelam, akhirnya yg istikhoroh menafsirkan jika menikah dg dia akan sengsara (karena pas ayat firaun tenggelam). Apa ini tafaaul?

mari kita simak pengertian insyirah sudur:
وشرح الصدر: عبارة عن ميل الإنسان وحبه للشيء من غير هوى للنفس، أو ميل مصحوب بغرض

insyirah sadri: ungkapan tentang kecondongan dan kecintaan terhadap sesuatu tnp adanya kecenderungan pada nafsu.

Kalo hal diatas sama saja dengan lotre, tulis baik dan buruk, dikocok lalu keluar baik atau buruk. Kalo baik dilakukan kalo buruk tak dilakukan.

Kita sedang bahas bagaimana hukum istikhoroh dg al-Qur'an, pertanyaan sampeyan hanya menjadi contoh.

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "148. HUKUM ISTIQOROH DENGAN AL-QURAN"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP