141. IMAM KEJATUHAN NAJIS ( TELEK TOKEK)


PERTANYAAN :

Syech Becak Mbudor > ‎CAFFEBI DALWA

Pitakon pitpitan,
-salah satu sarat makmum adalah tidak mengetahui batalnya imam.
-suatu hari paijan mau solat di mesjet. Tapi dia terlambat dn tau kalo ternyata si imam batal karena ketiban telek tekek dan tak ada satu jamangahpun tau kecuali paijan.
Lantas paijan menunggu solat selesai dan ada slah satu jamangah yg masbuk. Paijan pun mengemum si masbuk tersebut.
±sahkah solat paijan?

JAWAB :

Sukron Arif

Pertanya'an simple bg'ini..

Hukum jama'ah pada makmum masbug di atas yg ikud pada imam yg statse di ketahui shalatnya batal ( menurut yg melihatnya) .

Pada dasarnya .. makmum masbuk di atas jika ia tidak tahu shalate imam batal,, otomatis sah sah saja....

Dan hukum makmum masbug menjadi imam di atas juga sah,, karna stats masbuq di atas sudah bukan lag'i makmum karna imam yg pertama sudah salam ,, dan makmum otomatis bisa jd imam dg cara niat jd imam di tengah2 shalatnya...

Dan hukum makmum yg jama'ah pd masbuq yg jd imam tadi juga sah, karna ia ikud pada imam ( yg ke 2) maka hukum nya sah pula

Maksut ku ngene ... iya memang najis .. diskripsine memang menarik kog.. coba perhatikan..

- paijan Tahu Memang solat imam batal menurud dia, tp yg tahu ini hanya paijan.. Sdangkan yg laen gak tau bahkan ikud jama'ah sampai imam selesai salam.. paijan kan gak ikud imam yg pertama,, tp ia ikud imam yg jd makmum tadi... nah... disini kalau di jwb dg nah'i mungkar...punya gus Nafiel Muhammad tadi.. brarti paijan wajib memberi tahu imam.. sdangkan shalatnya makmum tadi apa juga wajib iadah? Msok yo wajib iadah...? Kan makmum yg jd imam tadi gak tahu pak ابو الازكى؟

Coba pendekatan raudloh tholibinya pak..

‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﺎ: ‍ﻟ‍‍ﻮ ‍ﺍ‍ﻗ‍‍ﺘ‍‍ﺪ‍ﻯ ‍ﺑ‍‍ﻤ‍‍ﻦ‍ ‍ﻇ‍‍ﻨ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﺘ‍‍ﻄ‍‍ﻬ‍‍ﺮ‍ﺍ, ‍ﻓ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺑ‍‍ﻌ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﻣ‍‍ﺤ‍‍ﺪ‍ﺛ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﺟ‍‍ﻨ‍‍ﺒ‍‍ﺎ, ‍ﻓ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﻗ‍‍ﻀ‍‍ﺎﺀ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍. ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﺎ ‍ﻗ‍‍ﻮ‍ﻝ‍: ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﻋ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﺤ‍‍ﺪ‍ﺛ‍‍ﻪ‍, ‍ﻟ‍‍ﺰ‍ﻡ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﻀ‍‍ﺎﺀ ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻓ‍‍ﻠ‍‍ﺎ. ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺸ‍‍ﻬ‍‍ﻮ‍ﺭ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻌ‍‍ﺮ‍ﻭ‍ﻑ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺬ‍ﻱ‍ ‍ﻗ‍‍ﻄ‍‍ﻊ‍ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺻ‍‍ﺤ‍‍ﺎ‍ﺏ‍: ‍ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻗ‍‍ﻀ‍‍ﺎﺀ ‍ﻣ‍‍ﻄ‍‍ﻠ‍‍ﻘ‍‍ﺎ.
الى ان قال ...

ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻌ‍‍ﺮ‍ﻑ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﺣ‍‍ﺪ‍ﺙ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﺃ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﺎ. ‍ﻓ‍‍ﺈ‍ﻥ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻢ‍ ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﻔ‍‍ﺮ‍ﻗ‍‍ﺎ, ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﻮ‍ﺿ‍‍ﺄ ‍ﺛ‍‍ﻢ‍ ‍ﺍ‍ﻗ‍‍ﺘ‍‍ﺪ‍ﻯ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍ ‍ﻧ‍‍ﺎ‍ﺳ‍‍ﻴ‍‍ﺎ, ‍ﻭ‍ﺟ‍‍ﺒ‍‍ﺖ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻋ‍‍ﺎ‍ﺩ‍ﺓ ‍ﻗ‍‍ﻄ‍‍ﻌ‍‍ﺎ. ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﻛ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺠ‍‍ﻤ‍‍ﻌ‍‍ﺔ. ‍ﻓ‍‍ﺈ‍ﻥ‍ ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻥ‍ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻬ‍‍ﺎ, ‍ﻓ‍‍ﻔ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻛ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﻳ‍‍ﺄ‍ﺗ‍‍ﻲ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﺷ‍‍ﺎﺀ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺗ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻰ.

Hahaha... sip.. nyambung banget nek nanggepi'...

Oke,,, Memang kalau dalam permasalahan imam hadast ito merupakan hal yg hofi (gak jelas) seh'ingga konswkensinya gak wajib iadah (mengulang'i) bg makmum.. artinya sholatnya sah sah saja.
Tp h'ilaf antara syeh jamal dg syarih tuhfah (ibnu hajar) dalam permasalahan org buta,,,syeh jamal wajib iadah,, sdangkan syarh tidak

Ito Ta'bir nya Dlomir ها kembali kemana? Najasah apa hadas?

Tp ibarot ini yo masuk pak..

(لَا) إنْ بَانَ (ذَا حَدَثٍ) وَلَوْ حَدَثًا أَكْبَرَ (وَ) ذَا (نَجَاسَةٍ خَفِيَّةٍ) فِي ثَوْبِهِ أَوْ بَدَنِهِ فَلَا تَجِبُ الْإِعَادَةُ عَلَى الْمُقْتَدِي لِانْتِفَاءِ التَّقْصِيرِ مِنْهُ فِي ذَلِكَ بِخِلَافِ النَّجَاسَةِ الظَّاهِرَةِ وَهِيَ مَا يَكُونُ بِحَيْثُ لَوْ تَأَمَّلَهَا الْمُقْتَدِي رَآهَا وَالْخَفِيَّةُ بِخِلَافِهَا

Saya rasa kasus di atas ma'kmum gak liat sama sekali... bahkan ini malah mendukung... pasalnya najis khofiah aja gak wajib iadah.. apa lag'i sama sekali gak tahu kalau imame Ada najisnya

Sek sek,,,,, Ta'bire tukhfah kae najasah sng Zhohiroh po Khofiah? Pak

Soale ta'bir mu yg pertama

(لَا) إنْ بَانَ (ذَا حَدَثٍ) وَلَوْ حَدَثًا أَكْبَرَ (وَ) ذَا (نَجَاسَةٍ خَفِيَّةٍ) فِي ثَوْبِهِ أَوْ بَدَنِهِ فَلَا تَجِبُ الْإِعَادَةُ عَلَى الْمُقْتَدِي لِانْتِفَاءِ التَّقْصِيرِ مِنْهُ فِي ذَلِكَ بِخِلَافِ النَّجَاسَةِ الظَّاهِرَةِ وَهِيَ مَا يَكُونُ بِحَيْثُ لَوْ تَأَمَّلَهَا الْمُقْتَدِي رَآهَا وَالْخَفِيَّةُ بِخِلَافِهَا

dza najasatin khofiatin gak wajib iadah lho

Nafiel Muhammad

Kok dados mbulet njeh..... Kulo padosi ten beberapa kitab mboten kepangge dg kasus diatas... Hanya... Pertama: jika seorang melihat orang lain sholat dibadannya atau bajunya najis, wajib baginya memberitahukan, karena ini masuk dlm amar maruf nahi mungkar, jika tidak memberitahu maka dia berdosa, ... Yang kedua: tidak sah bermakmum pada imam yg diketahui najisnya, ... -- far'un nya jika makmum yg tidak tau najisnya imam, tapi disatu sisi orang lain mengetahuinya, kemudian bermakmum pada orang yg tlh bermakmum pada imam mhdist....?????

ابو الازكى

Shalatnya tdk sah.baik imam ataw makmum

Makmum masbuq yg telah mnjd imam wajib iadah.
N paijan yg mnjadi makmumnya tntu wjb iadah to mbh

(قَوْلُهُ بِخِلَافِ النَّجَاسَةِ الظَّاهِرَةِ إلَخْ) التَّحْقِيقَ أَنَّ الظَّاهِرَ هِيَ الْعَيْنِيَّةُ فِي أَيِّ مَوْضِعٍ كَانَتْ، وَالْخَفِيَّةُ هِيَ الْحُكْمِيَّةُ فِي أَيِّ مَوْضِعٍ كَانَتْ. اهـ. شَوْبَرِيٌّ فَحَاصِلُ الْمُعْتَمَدِ أَنَّ الظَّاهِرَةَ هِيَ الْعَيْنِيَّةُ وَالْخَفِيَّةَ هِيَ الْحُكْمِيَّةُ، وَأَنَّهُ لَا فَرْقَ بَيْنَ الْقَرِيبِ وَالْبَعِيدِ، وَلَا بَيْنَ الْقَائِمِ وَالْقَاعِدِ وَلَا بَيْنَ الْأَعْمَى وَالْبَصِير، وَلَا بَيْنَ بَاطِنِ الثَّوْبِ وَظَاهِرِهِ اهـ. مِنْ ع ش عَلَى م ر، وَتَعْرِيفُ الشَّارِحِ لِكُلٍّ مِنْ الظَّاهِرَةِ وَالْخَفِيَّةِ لَا يَأْبَى هَذَا الْمَعْنَى بَلْ هُوَ مُتَبَادِرٌ فِيهِ جِدًّا اهـ


(لَا) إنْ بَانَ (ذَا حَدَثٍ) وَلَوْ حَدَثًا أَكْبَرَ (وَ) ذَا (نَجَاسَةٍ خَفِيَّةٍ) فِي ثَوْبِهِ أَوْ بَدَنِهِ فَلَا تَجِبُ الْإِعَادَةُ عَلَى الْمُقْتَدِي لِانْتِفَاءِ التَّقْصِيرِ مِنْهُ فِي ذَلِكَ بِخِلَافِ النَّجَاسَةِ الظَّاهِرَةِ وَهِيَ مَا يَكُونُ بِحَيْثُ لَوْ تَأَمَّلَهَا الْمُقْتَدِي رَآهَا وَالْخَفِيَّةُ بِخِلَافِهَا

Klo masalah hadast mmg za mbh.q sndr jg punya mbh.sbb hadast mmg tdk bs d lht oleh makmum walau d taammul sbgmn najis hukmiyyah yg d bwa imam.

Coba ibarotq iki d tanggapi mbh
وَلَوْ لَمْ يَرَهَا الْمَأْمُومُ لِبُعْدٍ أَوْ اشْتِغَالٍ بِالصَّلَاةِ أَوْ ظُلْمَةٍ أَوْ حَائِلٍ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْإِمَامِ تَلْزَمُهُ الْإِعَادَةُ عِنْدَ الشَّارِحِ وَالْجَمَالِ الرَّمْلِيِّ وَاخْتَلَفَا فِي الْأَعْمَى فَاعْتَمَدَ الشَّارِحِ عَدَمَ وُجُوبِ الْإِعَادَةِ عَلَيْهِ مُطْلَقًا وَاعْتَمَدَ الْجَمَالُ الرَّمْلِيُّ أَنَّهُ لَا فَرْقَ بَيْنَ الْأَعْمَى وَالْبَصِيرِ، وَفِي الْإِيعَابِ أَنَّ مِثْلَ الْأَعْمَى فِيمَا يَظْهَرُ مَا لَوْ كَانَ فِي ظُلْمَةٍ شَدِيدَةٍ لِمَنْعِهَا أَهْلِيَّةَ التَّأَمُّلِ وَأَنَّ الْخَرْقَ فِي سَائِرِ الْعَوْرَةِ كَالْخَبَثِ فِيمَا ذُكِرَ مِنْ التَّفْصِيلِ انْتَهَى. اهـ. كُرْدِيٌّ وَقَوْلُهُ وَاعْتَمَدَ الْجَمَالُ الرَّمْلِيُّ إلَخْ أَيْ فِي غَيْرِ النِّهَايَةِ
تحفة المحتاج

Ngene looooh mbh.wajib iadah tu jika in bana.klo g in bana ya g wjb iadah lha wong ora ngerti.berrti yg jls tdk sah itu sholatnya

Sukron Arif

(‍ﻓ‍‍ﺎ‍ﺋ‍‍ﺪ‍ﺓ) ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﺐ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺈ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻡ‍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﻛ‍‍ﺎ‍ﻧ‍‍ﺖ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﺠ‍‍ﺎ‍ﺳ‍‍ﺔ ‍ﻇ‍‍ﺎ‍ﻫ‍‍ﺮ‍ﺓ ‍ﺇ‍ﺧ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺄ‍ﻣ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﺑ‍‍ﺬ‍ﻟ‍‍ﻚ‍ ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﻌ‍‍ﻴ‍‍ﺪ ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺗ‍‍ﻪ‍, ‍ﺃ‍ﺧ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻗ‍‍ﻮ‍ﻟ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍: ‍ﻟ‍‍ﻮ ‍ﺭ‍ﺃ‍ﻯ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺛ‍‍ﻮ‍ﺏ‍ ‍ﻣ‍‍ﺼ‍‍ﻞ‍ ‍ﻧ‍‍ﺠ‍‍ﺎ‍ﺳ‍‍ﺔ ‍ﻭ‍ﺟ‍‍ﺐ‍ ‍ﺇ‍ﺧ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﻩ‍ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﺎ, ‍ﻭ‍ﺇ‍ﻥ‍ ‍ﻟ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻜ‍‍ﻦ‍ ‍ﺁ‍ﺛ‍‍ﻤ‍‍ﺎ.
‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻗ‍‍ﻮ‍ﻟ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍: ‍ﻟ‍‍ﻮ ‍ﺭ‍ﺃ‍ﻯ ‍ﺻ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺰ‍ﻧ‍‍ﻲ‍ ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﺒ‍‍ﻴ‍‍ﺔ ‍ﻭ‍ﺟ‍‍ﺐ‍ ‍ﻣ‍‍ﻨ‍‍ﻌ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍, ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﻲ‍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﻨ‍‍ﻜ‍‍ﺮ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﻮ‍ﻗ‍‍ﻒ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻢ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺃ‍ﺭ‍ﻳ‍‍ﺪ ‍ﻧ‍‍ﻬ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍.

Janggal ku nak seandainya paijan gak ichbar... maka yg ada tinggal imam dan makmum masbuq tadi.. padahal makmum masbuq gak tahu imame batal,yg tahu paijan,,sementara paijan tidak ihbar,,, kmudian paijan ikud jama'ah dg masbuq yg tadi..

Statse sholate masbuq mau pye?
Dan stats jama'ahe paijan kpada masbuq pye?

Statuse jamaah jelas g sah to mbh.n selama makmum masbuq tdk tau.shalatnya sah.tp jk tau ya wajib iadah

Iki lo,,, aku janggal dwe karo kment mu pak,,, jama'ahe gak sah iku pye? La wng makmum dan imam sama sama gak tahu kog gak sah ki low??

Yg tahu ito Cumak PAIJAN tok pak,,, paham mbeg kronolog'ine gak se hehe

La... nak ngunu berarti kudu melalu tahapan ichbar pak,,, tanpa icbar kog gak sah kui malah janggal maneh...

Berarti isane gak sah jama'ahnya harus dg Cara paijan ichbar pada imam skali'gus makmume... cek mengulang jama'ah bareng

kesimpulan

Simpulane ...

_ paijan wajib memberi tahu imam yg batal karna najis,otomatis dg makmum masbuqnya juga.

_ dan jika paijan tidak beritahu kmudian jama'ah dg makmum yg ia yakini Gak sah shalatnya,maka jama'ahnya paijan tidak sah.

كاشفة السجا

(و) ثانيها: (أن لا يعتقد) أي المأموم (وجوب قضائها) أي وجوب إعادة الصلاة (عليه) أي على الإمام، قال السويفي: المراد بالاعتقاد هنا الظن ظناً غالباً وليس المراد به ما اصطلح عليه الأصوليون وهو الجزم المطابق للواقع انتهى. أي فلا يصح اقتداؤه بمن تلزمه الإعادة كمتيمم لبرد أو مقيم تيمم في محل يغلب فيه وجود الماء أو فاقد الطهورين لعدم الاعتداد بصلاته،

Tambahan ibarot.
وَالضَّابِطُ أَنَّ كُلَّ مَا لَوْ تَبَيَّنَ بَعْدَ الْفَرَاغِ تَجِبُ مَعَهُ الْإِعَادَةُ إذَا بَانَ فِي الْأَثْنَاءِ يَجِبُ بِهِ الِاسْتِئْنَافُ وَمَا لَا تَجِبُ الْإِعَادَةُ مَعَهُ مِمَّا تَمْتَنِعُ الْقُدْوَةُ مَعَ الْعِلْمِ بِهِ إذَا بَانَ فِي الْأَثْنَاءِ وَجَبَتْ بِهِ نِيَّةُ الْمُفَارَقَةِ، وَدَخَلَ فِي قَوْلِهِ غَيْرُ نَحْوِ الْحَدَثِ مَا لَوْ تَبَيَّنَ قُدْرَةُ الْمُصَلِّي عَارِيًّا عَلَى السُّتْرَةِ أَوْ الْقِيَامِ

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "141. IMAM KEJATUHAN NAJIS ( TELEK TOKEK)"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP