139. HUKUM BERMESRAAN DIDEPAN UMUM DENGAN ISTRI


PERTANYAAN :

Gemblong Ae > ‎CAFFEBI DALWA

bagaimana para kyai yang pakar hukum..
hukumnya pamer kemesraan di umum?
ngeneki garai aku treyes" gimana gituch

PERTANYAAN :

البيهقي

tergantung kemesraane..

kirang langkung mekaten ..

- Termasuk hal yang menggugurkan muruah adl mencium istri / amatnya di depan "manusia", atau meletakkan tangan pada bagian tubuh (istri/amat) pada tempat² yang dibuat senang² seperti dada.
- Yang dimaksud manusia menurut imam Bulqini adl orang yang qt merasa malu melakukan hal itu di depan mereka dan ciuman yang qt merasa malu menampakkannya. Jika seseorang mencium istrinya disisi budak pr nya / di depan istrinya yang lain, hal itu tidak dianggap menggugurkan muruah.
Begitu juga merusak muruah menceritakan apa yang terjadi disaat kholwah antara suami istri, yang malu untuk diceritakan.
- Adapun mencium kepala itu tidak menggugurkan muruah.

Nb: Orang yang gugur sifat muruahnya tidak bisa menjadi saksi.

ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ - ) ﺝ 4 / ﺹ 278(
) ﻗﻮﻟﻪ ﻭﻗﺒﻠﺔ ﺍﻟﺤﻠﻴﻠﺔ ﺍﻟﺦ ( ﺑﺎﻟﺮﻓﻊ ﺃﻳﻀﺎ ﻋﻄﻒ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﻛﻞ ﺃﻱ ﻭﻳﺴﻘﻄﻬﺎ ﺃﻳﻀﺎ ﻗﺒﻠﺔ ﺍﻟﺤﻠﻴﻠﺔ ﺯﻭﺟﺔ ﻛﺎﻧﺖ ﺃﻭ ﺃﻣﺔ ﺑﺤﻀﺮﺓ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻭﻓﻲ ﺍﻟﻤﻐﻨﻲ ﻣﺎ ﻧﺼﻪ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺒﻠﻘﻴﻨﻲ ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﻨﺎﺱ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﺴﺘﺤﻴﻲ ﻣﻨﻬﻢ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻭﺑﺎﻟﺘﻘﺒﻴﻞ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺴﺘﺤﻴﻲ ﻣﻦ ﺇﻇﻬﺎﺭﻩ ﻓﻠﻮ ﻗﺒﻞ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﺑﺤﻀﺮﺓ ﺟﻮﺍﺭﻳﻪ ﺃﻭ ﺑﺤﻀﺮﺓ ﺯﻭﺟﺎﺕ ﻟﻪ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻓﺈﻥ ﺫﻟﻚ ﻻ ﻳﻌﺪ ﻣﻦ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﻤﺮﻭﺀﺓ ﻭﺃﻣﺎ ﺗﻘﺒﻴﻞ ﺍﻟﺮﺃﺱ ﻭﻧﺤﻮﻩ ﻓﻼ ﻳﺨﻞ ﺑﺎﻟﻤﺮﻭﺀﺓ ﺍﻩ ﺑﺘﺼﺮﻑ ﻭﻻ ﻳﺮﺩ ﻋﻠﻰ ﺇﺳﻘﺎﻁ ﺍﻟﻘﺒﻠﺔ ﻟﻬﺎ ﺗﻘﺒﻴﻞ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﺃﻣﺘﻪ ﺍﻟﺘﻲ ﻭﻗﻌﺖ ﻓﻲ ﺳﻬﻤﻪ ﻷﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﺗﻘﺒﻴﻞ ﺇﺳﺘﺤﺴﺎﻥ ﻹﻏﺎﻇﺔ ﺍﻟﻜﻔﺎﺭ ﻻ ﺗﻤﺘﻊ ﺃﻭ ﻛﺎﻥ ﺑﻴﺎﻧﺎ ﻟﻠﺠﻮﺍﺯ ﻭﻣﺜﻞ ﺍﻟﻘﺒﻠﺔ ﻓﻲ ﺇﺳﻘﺎﻁ ﺍﻟﻤﺮﻭﺀﺓ ﻭﺿﻊ ﻳﺪﻩ ﻋﻠﻰ ﻣﻮﺿﻊ ﺍﻹﺳﺘﻤﺘﺎﻉ ﻣﻨﻬﺎ ﻣﻦ ﺻﺪﺭ ﻭﻧﺤﻮﻩ.

Terus terang aku sedikit risih jika sudah selfie dikaitkan dengan niat seperti ucapan para pendakwah jadi-jadian, mekatakan riya, takabbur, sombong dll.

"Nahnu nahkumu bi dzowahir wa Allahu ya'lamu as-saraair".

Mending nyimak dawuhe Mbah Ghazali seng cakep...

Riya' yang tidak berkaitan dg ibadah itu tidaklah haram, dan dapat disamakan dg hal ini berdandan dan berhias untuk manusia.

(Lalu untuk menarik perhatian lawan jenis apa haram? kalaupun perjodohan dikasihkan foto pasti yang paling baik. wajar ingin kelihatan cantik/cakep)

Dalil hal ini adalah hadis yang diriwayatkan oleh 'Aisyah bahwa Rasulullah ketika hendak keluar menjumpai para sahabat, beliau berkaca pada genangan air yang ada dilubang, beliau merapikan surban dan rambutnya. Sayyidah 'Aisyah bertanya: Mengapa engkau melakukan demikian ya Rasulullah?. Jawabnya: Sesungguhnya Allah itu suka dr seorang hamba yang berhias untuk saudaranya ketika ia hendak menjumpainya.

Jd riya yang tidak berkaitan dg ibadah memang tergantung niatnya, tp ingat dalam hal ini tidak sampai derajat haram, paling pool madzmum.

Nb: Kalau masalah foto nampak aurat, menimbulkan fitnah itu jgn terlalu diarahkan pd selfie, agar tidak mempengaruhi hukum selfi, tp lebih ke foto secara umum.

إحياء علوم الدين

فعلى هذا نقول: تحسين الثوب الذي يلبسه الانسان عند الخروج الي الناس مراءاة وهو ليس بحرام لانه ليس رياء بالعبادة بل بالدنيا، وقس على هذا كل تجمل للناس وتزين لهم.

والدليل عليه ما روي عن عائشة رضي الله عنها أن رسول الله صلى الله عليه وسلم أراد أن يخرج يوما إلى الصحابة فكان ينظر في جب الماء ويسوي عمامته وشعره فقالت أو تفعل ذلك يا رسول الله قال نعم إن الله تعالى يحب من العبد أن يتزين لإخوانه إذا خرج إليهم .. فإذن المراءاة بما ليس من العبادات قد تكون مباحة وقد تكون طاعة وقد تكون مذمومة وذلك بحسب الغرض المطلوب بها

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "139. HUKUM BERMESRAAN DIDEPAN UMUM DENGAN ISTRI"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP