130. ZAKAT TIJAROH (MENGHITUNG LABA)


PERTANYAAN :

Ahmad Very > ‎CAFFEBI DALWA

Assalamu 'Alaikum
tanya geh,
laba yng dihitung dlm zkat tijaroh itu laba yng tersisa sa't haul <stlah tyap hr dibuat belanja kbtuhan.stok brang dll>.apa laba / hr dhtung.cnth sehari laba 200rb <lba ktro> dhtung smpai setahun??

JAWAB :

Ibnu Mathori

Wa 'alaikum salam wr wb.

Mencoba menjawab »

Syarat dan Ketentuan Zakat Tijarah Yang perlu kita ketahui di dalam hal yang meyangkut zakat tijarah yaitu adanya beberapa syarat dan ketentuan diantaranya :

1. Di dalam hal kepemilikan barang harus dengan perbuatannya, yaitu dengan pilihannya sendiri. Maka dalam hal ini tidak termasuk darinya dari penerimaan pemberian atau hadiah dan lain sebagainya yang diluar kehendaknya.
2. Di dalam memiliki barang dari awalnya sudah diniatkan untuk di perdagangkan (karena niat ada hal yang terpenting di dalam ajaran agama islam) . Sehingga brang tersebut tidak termasuk bagi yang membeli barang yang dari awal tidak niat ingin di perdagangkan lalu setelah beberapa lama muncul niatan untuk di perdagangkan. Yang seperti ini tidak wajib zakat menurut pendapat yang masyhur dari beberapa madzhab.
3. Barang tersebut sudah mencapai nishab yaitu setara dengan harga 85 Kg emas.
4. Sudah berjalan satu haul ( tahun ).
5. Di keluarkan 2,5 % dari harta yang terkena wajib zakat.
6. Bisa dikeluarkan dalam bentuk barang dan uang. Tapi di keluarkan dalam bentuk uang, ini pendapat yang masyhur dari Imam As Syafi’iy dan Imam Ahmad, karena di nilai lebih bermanfaat bagi penerima zakat.

Cara Menghitung Zakat Tijarah

» Yang pertama kali ialah l pastikan harta + modal dagangan kita sudah mencapai nishab yaitu setara dengan nilai 85 gram emas. Misalkan harga emas saat ini Rp. 500.000/gram maka nishab minimal terkena zakat adalah Rp. 42.500.000. Jika ternyata harta dagang kita sudah senilai nishab maka catatlah tanggal dan tahunnya. Jika pada tanggal yang sama di tahun berikutnya harta tersebut tetap atau bertambah nilainya, maka wajib dikeluarkan zakatnya 2,5% setelah di potong hutang.

Untuk lebih mudahnya kita menggunakan rumus : {Harta dagangan (modal yang diputar) + piutang lancar – Hutang} x 2.5 % = Nilai zakat.

Misal : Harta dagangan (modal yang diputar) = Rp.50.000.000
Piutang lancar = Rp.10.000.000
Hutang yang harus di bayar = Rp. 5000.000

Maka nilai zakat yang di keluarkan adalah : (Rp. 50.000.000 + Rp. 10.000.000)-
Rp. 5000.000 x 2,5 % = Rp. 1.375.000

Perlu diperhatikan di dalam cara pengitungan zakat tijarah :
1. Piutang yang di syaratkan adalah piutang yang lancar, sedangkan untuk piutang yang tidak lancar maka tidak termasuk didalamnya.
2. Bahwa bangunan, perabotan dan peralatan yang tidak disiapkan untuk jualan tidak dimasukkan dalam perhitungan aset yang dikeluarkan zakatnya.
3. Zakat tijarah ini berlaku untuk beberapa jenis bidang usaha, baik yang bergerak di bidang perdagangan, industri, agroindustri, ataupun jasa, dikelola secara individu maupun badan usaha seperti PT, CV, Koperasi, dan lain sebagainya.

موسوعة الفقه الإسلامي - ج: ٣ - ص: ٣٥

- شروط وجوب الزكاة في عروض التجارة: يشترط لوجوب الزكاة في عروض التجارة ما يلي: أن يقصد بها التجارة، وأن تبلغ نصاب أحد النقدين الذهب والفضة، وأن يحول عليها الحول.
- مقدار زكاة عروض التجارة: زكاة عروض التجارة هي ربع العشر، أي ٢.٥%. يخرجها من كامل القيمة، أو من العروض نفسها.
- أحوال استعمال الأموال: الأموال والأشياء التي يملكها الإنسان لها ثلاث حالات:
١- البيوت والعقارات والسيارات والآلات ونحوها إذا كانت معدة للسكنى أو الاستعمال لا للتجارة، فلا زكاة فيها.
٢ - إن كانت هذه الأشياء معدة للآجار فالزكاة على الأجرة ربع العشر من حين العقد إذا بلغت نصاباً، وحال عليها الحول قبل أن ينفقها.
٣ - إن كانت معدة للتجارة وجبت الزكاة في قيمتها ربع العشر إذا بلغت نصاباً، وحال عليها الحول.
وآلات المزارع والمصانع والمتاجر لا زكاة في قيمتها، وتجب الزكاة في أجرتها ربع العشر إذا بلغت نصاباً، وحال عليه الحول.

- كيفية إخراج زكاة عروض التجارة:
١ - إذا جاء موعد إخراج الزكاة ضم التاجر ماله بعضه إلى بعض: رأس المال، والأرباح، وقيمة البضائع، والديون المرجوة الأداء.
٢ - يقوِّم البضائع التي يملكها، ويقدِّر قيمتها بحسب سعر السوق، ويجتهد في التقدير؛ لأنها عبادة، والإنسان مؤتمن على عبادته.
٣ - يجمع قيمة البضائع والأشياء مع النقود، والديون التي له على الناس، ثم يؤدي ما عليه من ديون حالّة.
٤ - يُخرج من المال الباقي الزكاة، ومقدارها ربع العشر.
٥ - الأحسن أن يخرج زكاة عروض التجارة بالأوراق النقدية؛ لأن النصاب معتبر بالقيمة فيُخرَج منها كالعين من سائر الأموال الحب من الحب، والذهب من الذهب.
وإن شاء أخرج من العروض أو القيمة بحسب مصلحة الآخذ للزكاة، وحصول المنفعة الراجحة.

Nafiel Muhammad

Arti dari urudh: barang yg bisa ditukar dg mata uang (barang yg selain emas dan perak), dan arti dari tijaroh: memutar harta dg tujuan laba. - - keuntungan yg didptkan dipertengahan putaran digabungkan jadi satu pada akhir haul. - Misal, seorang memulai berdagang kain dg modal 50juta, setelah akhir haul ditafsirkan harga kain yg ada padanya menurut pasaran menjadi 80juta, maka wajib dikeluarkan zakatnya 2.5% dari 80juta (modal dan labanya) dg uang bukan dg ain tijaroh/kain. - - jika dlm pertengahan berdagang, urudu tijaroh termasuk labanya dirupakan uang, maka haul dari zakat uangnya meneruskan sisa dari haul zakat urud tijarohnya. - - jika sebelum haul selesai, uang urud tijaroh tersebut sudah tidak diniatkan lagi untuk berdagang, seperti dibelikan motor untuk pribadi, maka tidak termasuk urud tijaroh.. - - tapi jika motor tersebut digunakan untuk diputar didagangkan, maka ini termasuk urud lain, maka haulnya tetap meneruskan mengikuti pada awal berdagang kain.

Sukron Arif

Kalau laba yg sudah di pakai ya dak di h'itung ... zg di hitung hanya laba yg tampak..

Dalam redaksi laen kalau sudah di pakai untk diri sendiri maka bukan lag'i tijaroh sept yg di katakan gus Nafiel Muhammad

كاشفة السجا

ثالثها: أن لا يقصد بالمال القنية أي الإمساك للانتفاع فإن قصدها به انقطع الحول فيحتاج إلى تجديد نية مقرونة بتصرف، وكذا إن قصدها ببعضه وإن لم يعينه ويرجع في تعيينه إليه.

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "130. ZAKAT TIJAROH (MENGHITUNG LABA)"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP