109. MENGHITUNG NISOB ZAKAT DARI DUA KALI PANEN


PERTANYAAN :

Ahmad Very > ‎CAFFEBI DALWA

Assalamu Alaikum
tanya geh,
kebiasaan kmpung kami menanam padi 3x setahun.
a. panen pertama gak mencapai nisob , panen kdua gak mencapai nisho. bila dikumpulkan panen pertama dan kedua smpai senisob.wajib zakat?
b. panen pertama sudah smpai senisob apa boleh nunggu panen kedua dan ketiga lalu dihitung dan dikeluarkan zakatna? apa stiap panen sampai nisob.lgsung dizakati?

JAWAB :

Ibnu Mathori

Panen beberapa kali dalam satu tahun dua atau tiga hasil panen nishobnya dijadikan satu dengan dua syarat : ·
- Sejenis (padi dengan padi, gandum dengan gandum) ·
- Dalam satu tahun (hijriyyah) Dalam hal ini yang menjadi standar satu tahun adalah antar waktu panen bukan waktu penanamannya.

Juga yang di maksud antar waktu panen adalah antar masa sudah layak panen bukan masa ketika memanen secara kenyata’an.
Sedang cara mengeluarkan zakatnya cebagai berikut : ·
Bila setiap kali panen hasilnya ada satu nishab maka wajib zakat dan dikeluarkan pada waktu itu juga. ·
Bila setiap kali panen jumlahnya tidak mencapai nishab, namun jumlah keseluruhan selama satu tahun mencapai satu nishab, dan zakat belum wajib dikeluarkan saat panen yang belum mencapai nishab.

Tambahan

> Waktu wajib mengeluarkan zakat Yaitu, ketika sudah dipetik dan dibersihkan dari tanah, jerami (damen) kulit pembungkus yang tidak ikut di konsumsi pada umumnya dan benda lain yang diperlukan.
Tanaman atau makanan yang digunakan sebagai zakat tidak disyaratkan harus dari hasil panen tanaman tersebut.

Diperbolehkan mengeluarkan zakat dengan memakai tanaman atau makanan lain, dengan ketentuan zakat harus sesuai dengan umumnya hasil tanaman atau yang lebih baik.

Sedangkan standar zakatnya kurma dan anggur adalah menggunakan kurma kering/tamr dan anggur kering/zabib, kecuali apabila tidak memungkinkan mengeluarkan zakat dalam bentuk tamr atau zabib, maka boleh berupa kurma basah/ruthab atau anggur basah/’inab.
________________________________

اابيهقى

mung nambahi gugurne kewajiban mergo wes dicelok admin sepoh


ويستثنى مما ذكر ما لو أثمر نخل مرتين في عام فلا ضم بل هما كثمرة عامين

→Dikecualikan dr apa yg disebutkan (mengumpulkan panen dalam 1 tahun) apabila kurma berbuah dua kali dalam setahun maka tidak bisa dikumpulkan tetapi keduanya seperti buah dua tahun

(قوله ما لو أثمر نخل) أي أو كرم وقوله فلا ضم أي، وإن اتحد قطعهما في العام؛ لأنهما يرادان للتأبيد، وقوله، وإن اعتبر ابن المقري إلخ المعتمد كلام ابن المقري اهـ. ح ل (قوله مرتين في عام) بأن ينفصل الحمل الثاني عن الحمل الأول

→ Apabila kurma/anggur berbuah dua kali maka tidak boleh dikumpulkan dan di hitung nishobnya. Meskipun kedua panen tersebut dalam satu tahun karena keduanya dimaksudkam untuk selamanya (penanamannya).

(قوله: وإن اختلف إدراكه) وعليه فلو أدرك بعضه ولم يبلغ نصابا جاز له التصرف فيه ثم إذا أدرك باقيه وكمل به النصاب زكى الجميع إن كان الأول باقيا أو تالفا، فإن سبق له بيع تبين بطلانه في قدر الزكاة ويجب على المشتري رده إن كان باقيا وبدله إن كان تالفا ثم رأيت في كلام سم على حج ما يصرح بذلك فليراجع.
اهـ. ع ش على م ر

→Setelah panen yang pertama kok tidak sampai 1 nisob maka boleh baginya mentasarrufkan padi tersebut, akan tetapi tetap dihitung hasilnya. Nanti setelah panen yg kedua dijumlahkan hasil panen pertama dan kedua, jika mencapai nishob maka dikeluarkan zakatnya berdasarkan hitungan tadi.

مرجع: حاشية الجمل

Banyu Bening

Tanya tadz.... Kalo padi apakah kwajiban zakat ketika sudah sampai nisob harus sudah bersih dr kulitnya (maksud saya sudah jadi beras) , Ataukah masih dalam bentuk GABAH?

Nafiel Muhammad

Setelah dibersihkan kulitnya atau dalam bentuk beras faslun fi bayani miqdari nishobi zuru' ila anqola...... Wa yajibul ikhroj bil fi'li ba'da tasfiyati. Albajuri

Waqtul ikhroj huwa waqtu khashodihi ..... Wa dzalika ba'da tasfiyati fil khabbi minattibni wal qsyri alladzi la yu'kal wala yadkhul ma'ahu , wa yughtafar qolilun la yuatsir fil kaili. - taqrirot sadidah

Jika memang cara penyimpanannya beras mengharuskan dg kulitnya agar awet, maka hal ini bisa dikeluarkan dengan batas nishob 10 wasaq atau setara dg 1650kg gabah, dan ketentuan 10wasaq untuk gabah atas dasar yg sudah umum, karena kulit tidak termasuk hitungan, jika toh 8 wasaq gabah sudah setara dg 5wasaq beras, maka 8wasaq gabah itu yg dianggap, sebaliknya jika 10wasq gabah tidak sampai 5wasaq beras, maka tidak wajib zakat.

- mughnil muhtaj

- ukuran nishob taqrirot sadidah.

● - solusi ya mengikuti pada umumnya beras indonesia. jika dalam bentuk beras 5wasaq atau 825kg sama dg bentuk gabah 10wasaq atau 1650kg maka itulah nishob padinya dlm bentuk gabah.

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Kiswah - CKW ◁◁

0 Response to "109. MENGHITUNG NISOB ZAKAT DARI DUA KALI PANEN"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP