29. HUKUM MENGHADIRI WALIMAH


PERTANYAAN :

▶ Ahmad Very > ‎CAFFEBI DALWA

assalamu alaikum
undangan walimah urus wajib di hadiri. klo diundang bukan pas acara walimahnya tpi pas resepsi apa wajib hadir kangg???

JAWAB :

■▷ Jack Shona Al Chilmi

walimah yg bersifat umum.. dan mendatangi undangan dlm walimah wajib.

( مغني المحتاج ج 3 ص 280 )
( والإجابة إليها واجبة ) عينا لخبر الصحيحين : { إذا دعي أحدكم إلى الوليمة فليأتها } وخبر مسلم : { شر الطعام طعام الوليمة تدعى لها الأغنياء وتترك الفقراء ومن لم يجب الدعوة فقد عصى الله ورسوله } . قالوا : والمراد وليمة العرس ; لأنها المعهودة عندهم , ويؤيده ما في الصحيحين مرفوعا : { إذا دعي أحدكم إلى وليمة عرس فليجب } . وأما غيرها من الولائم فالإجابة إليها مستحبة , لما في مسند أحمد عن الحسن قال : { دعي عثمان بن أبي العاص إلى ختان فلم يجب وقال : لم يكن يدعى له على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم } .
( اقناع ص 427
___________________

■▷ Pakdhe Djevry Michael Eljood

{ إذا دعي أحدكم إلى وليمة عرس فليجب } . وأما غيرها من الولائم فالإجابة إليها مستحبة , لما في مسند أحمد عن الحسن قال : { دعي عثمان بن أبي العاص إلى ختان فلم يجب وقال : لم يكن يدعى له على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم } .
( اقناع ص 427

Adapun selain walimah ursy dr acara" walimah lain maka menghadiri nya adalah sunnah , bukan wajib .
Hadist ; ketika diantara kalian semua diundang walimah maka hendaklah mendatanginya .

Kewajiban menghadiri walimah gugur sebab ;

> Makanan yg syubhat.

> Dihususkan untu org2 kaya saja.

> Terdapat org yg menyakitinya jk menghadirinya

> Takut atas keburukan yg akan dialami dr sang pengundang.

> Pengundang dikwatirkan thoma' atas kehadiran kita, sebab pangkat / dimungkinkan mengerjakan kebathilan dr sang pengundang.

> Terdapat kemungkaran sprt ; miras, gambar hewan, firosy (tmpat duduk) dr sutra, bejana dr emas perak .
Maka alasan itu boleh untuk tidak menghadiri.

Sekali lagi yg wajib adalah walimah nikah, selain itu sunnah mghadiri.
Jika tdk mampu untuk hadir maka mengatakan ketidakhadiran kepada tuan rumah, dengan bgitu kita juga ngajeni (menghargai) tuan rumah.

وأما الأعذار التي يسقط بها وجوب إجابة الدعوة أو ندبها فمنها أن يكون في الطعام شبهة أو يخص بها الأغنياء أو يكون هناك من يتأذى بحضوره معه أو لا تليق به مجالسته، أو يدعوه لخوف شره أو لطمع في جاهه أو ليعاونه على باطل، وأن لا يكون هناك منكر من خمر أو لهو أو فرش حرير أو صور حيوان غير مفروشة أو آنية ذهب أو فضة، فكل هذه أعذار في ترك الإجابة،

imam nawawi shohih muslim.


▷▷ Hukum Kado Pernikahan (Amplop Buwuhan) Dalam hal ini ulama’ berbeda pendapat:

1 Hadiah, kado atau buwuhan statusnya sebagai Hibah. Adapun ungkapan yang terdapat dalam kitab tuhfah yaitu:
pendapat yang dianggap kuat tentang hadiah perkawinan (kado/amplop) adalah sebagai hibah (pemberian), dan keumuman (urf) masyarakat yang menganggap bahwa buwuhan itu hutang tidak ada pengaruh karena kebiasaan masyarakat tidak tetap, selama dia tidak mengatakan (ambillah)dan dia berniat menghutangi.

Referensi
I’anah al-Thalibin juz 3 hal 51

عِبَارَةُ التُّحْفَةِ وَالَّذِى يَتَّجِهُ فِي النُّقُوْطِ الْمُعْتَادِ فِي اْلاَفْرَاحِ أَنَّهُ هِبَةٌ وَلاَ أَثَرَ لِلْعُرْفِ فِيْهِ لاِضْطِرَابِهِ مَالَمْ يَقُلْ خُذْهُ مَثَلاًَ وَيَنْوِى الْقَرْضَ وَيَصْدُقُ فِي نِيَةِ ذٰلِكَ هُوَ أَوْوَارِثُهُ وَعَلَى هٰذَا يُحْمَلُ إِطْلاَقُ جَمْعٍ أَنَّهُ قَرْضٌ أَىْ حُكْمًا ثُمَّ رَأَيْتُ بَعْضَهُمْ لِمَا نَقَلَ قَوْلَ هَؤُلاَءِ. وَقَوْلُ الْبُلْقِيْنِى أَنَّهُ هِبَةٌ

2 Hadiah, kado atau “buwuhan” statusnya sebagai Hutang, apabila memenuhi 3 (tiga) syarat sebagai berikut

1 Memberikannya dengan ucapan contoh ”ambillah uang ini
2 Berniat menghutangi
3 Adanya kebiasaan atau tradisi di masyarakat untuk mengembalikan uang buwuhan.

Status hadiah, kado atau “buwuhan” sebagai hibah apabila si pemberi hadiah, kado atau “amplop” tidak berniat untuk menghutangi kepada penyelenggara walimah

Status hadiah, kado atau “amplop” sebagai hutang, apabila si pemberi menyerahkan kepada yang di hiasi (seperti penganten) atau ditempat yang disediakan dan adanya adat atau kebiasaan uang hadiah, kado atau “amplop” dikembalikan lagi

Referensi
I'anah At-Thalibin, Juz 3 hal 52

وَالَّذِيْ تَحَرَّرَ مِنْ كَلاَمِ الرَّمْلِى وَابْنِ حَجَرٍ وَحَوَاشِيْهِمَا أَنَّهُ لاَرُجُوْعَ فِي النُّقُوْطِ الْمُعْتَادِ فِي اْلأَفْرَاحِ أى لاَيَرْجِعُ بِهِ مَالِكُهُ إِذَا وَضَعَهُ فِي يَدِ صَاحِبِ الْفَرَحِ أَوْيَدِ مَأْذُوْنِهِ إِلاَّ بِشُرُوْطٍ ثَلاَثَةٍ أَنْ َيأَتْىِ بِلَفْظِ كَخُذْ وَنَحْوِهِ وَأَنْ يَنْوِىَ الرُّجُوْعَ وَيَصْدِقُ هُوَ أَوْ وَارِثُهُ فِيْهَا وَأَنْ يَعْتَادَ الرُّجُوْعَ فِيْهِ وَإِذَا وَضَعَهُ فِي يَدِ الْمُزَيَّنِ وَنُحُوهُ أَوْ فِي الطَّاسَةِ الْمَعْرُوْفَةِ لاَيَرْجِعُ إِلاَّ بِشَرْطَيْنِ إِذَنْ صَاحَبُ الْفَرَحِ وَشَرْطِ الرُّجُوْعِ كَمَا حَقَّقَّه شَيْخُنَا ح ف إهـ (اعانة الطالبين ج 3 ص 52
_____________________

■▷ البيهقي

hadiah yg diberikan pada saat nikahan itu berupa maunah/pertolongan, oleh karena itu seyogyanya tidak dicatat.

اما ما يهدي للعريس فهذه معونة (الي ان قال) الاولي ان لا يكتبوا عليها اسم مهديها حتي لا تكون للفخر او ان يقصد بها العوض مستقبلا في زواج اولاده القادم.
Syarah al-Yaqut al-Nafis 2/239

iki seng rodok nyrempet

(وسئل) فسح الله في أجله عما اعتيد من أن من عاد مريضا لا بد أن يأتي معه بشيء وإلا عيب عليه هل له أصل أو هو بدعة؟
(فأجاب) بقوله لا أصل لذلك بل هو بدعة إن كان مع اعتقاده توقف العيادة على شيء يصحبه معه أما إذا انتفى هذا الاعتقاد بأن كان من أتى بشيء فهو زيادة في البر ومن لا فلا عتب عليه فذلك إحسان للمعارف أو الأصدقاء أو الأقارب وهو سنة كما هو واضح.

Fatawa al-Fiqhiyah al-Kubro

▷▷ Link Ngopi & Cangkruan : Caffeby Dalwa ◁◁

0 Response to "29. HUKUM MENGHADIRI WALIMAH"

Post a Comment

Monggo yang mau berkomentar baik itu kritik, saran, masukan, atau motivasi, asal tak ada unsur Caci mencaci, Pelecehan agama, Pelecehan seksual dan Merayu istri orang

⇧ ISI KOMENTAR FACEBOOK DIATAS ITU ⇧

⇩ ISI JUGA KOMENTAR DIBAWAH INI ⇩

IKUTI FANS PAGE PGP